IDENTIFIKASI PELUANG USAHA MIKRO YANG DIMINATI MAHASISWA

Rinawiyanti, Esti Dwi (2012) IDENTIFIKASI PELUANG USAHA MIKRO YANG DIMINATI MAHASISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL INDUSTRIAL ENGINEERING CONFERENCE 2012. Fakultas Teknologi Industri UPN "Veteram" Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978- 979 - 96854 - 4 - 5

[thumbnail of Rinawiyanti_Identifikasi Peluang Usaha_Abstrak_2012.pdf]
Preview
PDF
Rinawiyanti_Identifikasi Peluang Usaha_Abstrak_2012.pdf

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of Rinawiyanti_Identifikasi Peluang Usaha_2012.pdf] PDF
Rinawiyanti_Identifikasi Peluang Usaha_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semangat kewirausahaan perlu dibangkitkan pada diri mahasiswa agar mereka mempunyai jiwa dan bekal kewirausahaan serta memillki minat berwirausaha setelah lulus kuliah. Dengan demikian mereka tidak hanya menjadi pencari kerja, tetapi dapat menjadi pencipta kerja. Semangat berwirausaha tidak bisa tumbuh dalam waktu sekejap, tetapi perlu dibangkitkan, dilatih, dan dikembangkan. Salah satunya dengan memberikan maca kuliah kewirausahaan kepada para mahasiswa. Demikian juga di Fakultas Teknik Universitas Surabaya, di mana mata kuliah Kewirausahaan dan inovasi diajarkan sejak tahun 2005. Selain pembelajaran di kelas, ada kegiatan-kegiatan untuk melengkapi pembelajaran, atara lain expo (bazaar) dan tugas membuat rencana bisnis {business plan). Dua kegiatan tersebut diadakan untuk memotivasi mahasiswa mencari peluang-peluang usaha yang bisa dilakukan. Dari observasi pelaksanaan kegiatan tersebut pada Semester Gasal 2011/2012 dan Semester Genap 2011/2012 dapat teridentifikasi peluang-peluang} usaha mikro yang diminati oleh mahasiswa. Dari kegiatan expo didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan 74% dari stan expo menawarkan produk makanan dan 26% stan expo menjual produk barang. Hal ini bisa dimaklumi karena expo berlangsung selama tiga hari dan mengambil tempat di kampus. Sebagian besar mahasiswa lebih menyukai menjual produk makanan karena produk makanan selalu dibutuhkan, dapat ditawarkan dalam waktu singkat, serta bisa dijual dalam waktu cepat Produk barang yang dijual selama expo (bazaar) antara lain produk-produk IT, baju, aksesoris, dan jasa fotografi Sedangkan dari tugas membuat business plan, hasilnya seimbang antara produk makanan dan produk barang, yaitu secara total 52% lebih memilih untuk menjalankan usaha di bidang makanan dan 48% memilih untuk menjalankan usaha di bidang bukan makanan. Hal tersebut dapat dimengerti karena dengan business plan mereka merencanakan usaha yang bisa dijalankan dalam waktu panjang dan ada persiapan untuk melaksanakan usaha tersebut Peluang usaha bukan makanan yang diminati oleh mahasiswa antara lain pembuatan CD edukast pembuatan web, kursus, pengiriman, dan warung internet di area kampus.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: peluang usaha, kewirausahaan, mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 18 Nov 2014 08:07
Last Modified: 18 Nov 2014 08:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item View Item