Uji Daya Insektisida Dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra Orizae L) Serta Skrining Kandungan Kimia Ekstrak Kloroform dan Ekstrak Metanol Rimpang Kering Lengkuas Merah (Languas galanga (L) Stunz)

Mashud, Ahdalia (2000) Uji Daya Insektisida Dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra Orizae L) Serta Skrining Kandungan Kimia Ekstrak Kloroform dan Ekstrak Metanol Rimpang Kering Lengkuas Merah (Languas galanga (L) Stunz). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_888_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_888_Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150953

Abstract

Telah dilakukan penelitian uji daya insektisida dengan bioindikator kutu beras (calandra oryzae L) serta skining kandungan kimia ekstrak kloroform dan eksfiakmetanol rimpang kering lengkuas merah (Languas galonga (L.) Stuntz). Rimpang lengkuas merah yang segar diperoleh dari purwodadi yang diambil pada bulan Agushrs 1999. Untuk mengekstraksi senyawa yang terkandung pada rimpang lengkuas merah dilakukan dengan cara soxhletasi menggunakan pelarut kloroform dan pelarut metanol gunanya adalah untuk dapat memisahkan secara selektif kandungan kimia tanaman tersebut menjadi kelompok-kelompok tertentu sesuai dengan tingkat kepolarannya. Dari serbuk rimpang kering lengkuas merah seberat 150 gram menghasilkan ekstak kloroform 6,3407 gram (423%) dan ekstrak metanol 33,5561 gram (22,37%). Kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan pengujian daya insektisida dengan bioindikator kutu beras dan skrining fitokimia secara Kromatografi Lapis Tipis, reaksi warna dan reaksi pengendapan. Hasil penelitian uji daya insektisida dengan bioindikator kutu beras menunjukkan bahwa ekstrak kloroform dan ekstrak metanol rimpang kering lengkuas merah sampai dengan konsentrasi 2000 ppm, selama 24 jam tidak memiliki daya insektisida. Dan hasil skrining fitokimia yang dilakukan terhadap rimpang kering lengkuas merah ekstrak kloroform mengandung minyak atsiri dan flavonoid bebas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Nov 2014 07:38
Last Modified: 27 Nov 2014 07:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item