Pengaruh Inventory dan Delivery Lead Time Terhadap Customer Service pada UD. Widoro Indah di Waru

Tsani, Moch. Aziz (2008) Pengaruh Inventory dan Delivery Lead Time Terhadap Customer Service pada UD. Widoro Indah di Waru. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4381_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4381_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133580

Abstract

Setiap perusahaan, baik perusahaan jasa, dagang, ataupun perusahaan manufaktur selalu menggunakan inventory atau persediaan. Tanpa adanya inventory, para pengusaha akan menghadapi resiko bahwa perusahaannya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan para pelanggan yang memerlukan barang atau jasa. Hal ini mungkin terjadi, karena tidak selamanya barang-barang atau jasa-jasa tersedia setiap saat, yang berarti bahwa pengusaha dapat kehilangan keuntungan. Tidak terkecuali bagi industri sandal yang berada di Waru tepatnya UD. WIDORO INDAH yang harus selalu siap jika suatu saat terjadi permintaan secara tiba-tiba dalam dengan jumlah permintaan yang besar. Dengan adanya inventory, perusahaan diharapkan mampu memberikan tingkat customer service yang tinggi agar pelanggan puas dan tidak berpaling pada supplier lain. Disamping itu yang berpengaruh terhadap tingkat customer service adalah delivery lead time. Jika delivery lead time singkat, maka tingkat customer service cenderung meningkat. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan serta berasal dari bagian internal UD. WIDORO INDAH. Konsep inventory menyatakan bahwa terdapat kecenderungan bahwa inventory berpengaruh secara positif terhadap customer service. Dan delivery lead time memiliki kecenderungan negatif terhadap customer service. Hasil analisa dan perhitungan data dengan menggunakan program SPSS for windows release 15 menyimpulkan bahwa yang terjadi pada UD.WIDORO INDAH adalah inventory dan delivery lead time berpengaruh terhadap customer service. Inventory berpengaruh secara searah terhadap customer service dan delivery lead time berpengaruh secara berlawanan arah terhadap customer service.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Inventory, delivery lead time, customer service
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Dec 2014 07:08
Last Modified: 01 Dec 2014 07:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item