Studi Eksploratori Experiential Marketing Erha Clinic Surabaya

., Yanti (2008) Studi Eksploratori Experiential Marketing Erha Clinic Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4391_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4391_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133590

Abstract

Seiring berkembangnya kesadaran masyarakat tentang kulit, keinginan untuk tetap memiliki kulit sehat dan terawat, industri perawatan kulit semakin berkembang dan memunculkan banyaknya tempat yang menawarkan layanan perawatan untuk kulit (http://www. Conectique.com/1). Hal tersebut hams secara hati-hati dipilih oleh masyarakat metropolitan untuk merawat dan memperbaiki kesehatan kulit. Experential Marketing akan menciptakan suatu kekuatan yang ampuh karena yang dijual bukan lagi sekedar produk atau jasa melainkan pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan (memorable experience). Pengalaman-pengalaman inilah yang menjadi penentu kunci bagi kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Kejelian Erha Clinic Surabaya memperhatikan Experential Marketing yang juga memberikan "experience" kepada pelanggannya membuatnya lebih unggul daripada pesaing-pesaingnya. Elemen-elemen pengukumya adalah sense experience, feel experience, think experience, act experience, relate experience. Untuk mendapatkan data primer, dilakukan melalui wawancara langsung secara mendalam (depth interview) terhadap responden berdasarkan pertanyaan-pertanyaan mengenm penerapan faktor-faktor Experiential Marketing pada Erha Clinic Surabaya dan responden yang berdomisili di Surabaya. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah member Erha Clinic Surabaya yang telah merasakan layanan dan produk yang ditawarkan oleh Erha Clinic Surabaya sekurang-kurangnya 4 kali dan minimal 1 kali dalam 3 bulan, berdomisili di Surabaya dan memiliki pendidikan minimal SMU. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, untuk faktor sense experience hampir semua aspek dapat dirasakan oleh member, faktor feel experience member merasa enjoy dan rileks ketika berada di Erha Clinic Surabaya, untuk faktor think experience member mempunyai persepsi bahwa Erha Clinic Surabaya menyediakan perawatan yang lengkap dan selalu up to date, untuk faktor act experience ditemukan bahwa member akan kembali mengunjungi Erha Clinic Surabaya setelah kunjungan pertamanya yang menyenangkan dan tak terlupakan, selain itu para member merasa lebih mudah untuk berinteraksi dengan kerabat bahkan orang lain karena manfaat yang diharapkan member dengan kedatangannya ke Erha Clinic Surabaya dapat tercapai, untuk faktor relate experience ditemukan bahwa hampir semua member dapat mensosialisasikan dirinya dengan member Erha Clinic Surabaya lainnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Eksploratori, experiential marketing, clinic
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Dec 2014 07:46
Last Modified: 01 Dec 2014 08:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21624

Actions (login required)

View Item View Item