Analisis Gaya Hidup Konsumen Kartu Kredit di Bank X

Purwanto, Hery (2004) Analisis Gaya Hidup Konsumen Kartu Kredit di Bank X. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
IN_573_Abstrak.pdf

Download (72Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148778

Abstract

Dalam dunia pemasaran modern dianut pendapat bahwa tidak ada suatu populasi atau pasar yang homogen. Demikian pula tidak ada manusia "rata-rata". Manusia selalu berbeda dan melakukan sesuatu dengan alasan yang berbeda. Oleh karena itu, pemasaran suatu produk membutuhkan cara untuk mengidentifikasikan perbedaan-perbedaan dan memecah populasi ke dalam beberapa sub kelompok yang lebih homogen. Usaha ini disebut segmentasi pasar. Segmentasi pasar merupakan identifikasi dan pembentukan kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin meminta produk atau bauran pemasaran tersendiri. Salah satu cara melakukan segmentasi pasar adalah dengan menggunakan metode psikografis, yaitu dengan menggunakan gaya hidup konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya hidup konsumen kartu kredit Citibank. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna atau pemilik kartu kredit Citibank yang ada di Universitas Surabaya. Sampel sejumlah 114 orang diambil dengan teknik Incidental Sampling, dimana peneliti mengambil dari konsumen kartu kredit Citibank, yang mudah ditemui oleh peneliti. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibuat peneliti dengan pedoman V ALS 2 terbaru 2001-2003 SRI Consulting Business Intelligence. Hasil pengujian Validitas diperoleh basil butir pernyataan valid, dengan indeks reliabilitas alpha sebesar 0, 8697. Pengguna atau pemilik konsumen kartu kredit Citibank kebanyakan adalah konsumen dengan gaya hidup Experiencers. Dengan mengetahui basil penelitian yang ada, maka implikasi dari penelitian 1m adalah (a) untuk penelitian selanjutnya hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode pengumpilan data lainnya, seperti met ode wawancara, supaya basil yang didapatkan lebih mendalam (b) dengan adanya penelitian tentang analisis gaya hidup konsumen kartu kredit Citibank, bahwa konsumen kartu kredit Citibank paling banyak mempunyai gaya hidup Experiencers. Gaya hidup ini dalam mengambil keputusan mengkonsumsi selalu didominasi oleh tindakan. Dengan demikian bagi piliak penerbit kartu kredit Citibank hendaknya mencoba untuk meningkatkan variasi produk dan layanan yang baru agar sesuai dengan karakteristik-karakteristik gaya hidup yang lain dari k onsumen kartu kredit Citibank. XV

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:04
Last Modified: 15 Jan 2015 08:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item View Item