Hubungan Antara Kepuasan Karier Dengan Intensi Turnover

Pranandari, Antik (2004) Hubungan Antara Kepuasan Karier Dengan Intensi Turnover. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
IN_604_Abstrak.pdf

Download (70Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148736

Abstract

Perputaran pekeJja akibat dari keinginan pekerja (intensi turnover) merupakan hal yang sangat penting untuk dihindari perusahaan agar tidak menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan. Kepuasan karier sebagai salah satu faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya turnover. Dengan bekerja dalam perusahaan, pekerja berusaha untuk memenuhi, mencapai harapannya dan akhirnya kepuasan yang dipero1eh dari hasil kerjanya. Dalam proses kepuasan, kepuasan karier muncul sebagai pengaruh terjadinya intensi turnover oleh pekeJja karena bila pekerja merasakan ketidakpuasan terhadap kariernya selama dia bekeija dalam pemsahaan tersebut maka muncul intensi turnover. Menumt Aryee (1993), pekeJja yang merasa tidak puas dengan kariernya selama ini maka pekeJja itu memiliki keinginan untuk keluar dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan karier dengan intensi turnover. Subjek penelitian adalah pekerja dari Kantor Akuntan Publik (KAP) "X" yang beJjumlah 39 orang, menggunakan total population study yaitu mengambil keselumhan populasi menjadi subjek penelitian dan untuk mengungkap hal ini peneliti menggunakan angket dan pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment dengan program SPSS 10.00. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada hubungan yang negatif signifikan antara kepuasan karier dengan intensi turnover (r = - 0,329 dan p = 0,041 ; p < 0,05) artinya semakin tinggi kepuasan kariemya maka intensi turnovernya akan semakin rendah. Kepuasan karier dengan intensi turnover memberikan sumbangan sebesar 10,81 %hal ini berarti masih ada 89,19 % faktor-faktor lain yang ikut memberikan sumbangan lainnya antara lain career commitment (Aryee, 1993), individual's career stage dan nonwork influences (London & Stumpf: 1982). Saran yang dapat diajukan adalah agar perusahaan mempertimbangkan proses kepuasan karier yang sekarang serta membina komunikasi yang baik antara pemsahaan dengan pekeJjanya apakah hal-hal yang selama ini dijalankan telah sesuai dan terbaik bagi ke1angsungan kerja pekerja untuk menghindari munculnya intensi turnover.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 19 Jan 2015 04:59
Last Modified: 19 Jan 2015 04:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item