Pengaruh Gambar Wanita Cantik Terhadap Persepsi Diri Atas Penampilan Fisik Pada Remaja Putri

Ardhia, Unitassia Shinta (2003) Pengaruh Gambar Wanita Cantik Terhadap Persepsi Diri Atas Penampilan Fisik Pada Remaja Putri. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_523_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_523_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148824

Abstract

Periklanan secara tidak sengaja menimbulkan rasa tidak nyaman pada konsep diri para wanita, selain itu diduga bahwa iklan dan media massa dapat berperan dalam membentuk dan mendorong image bahwa penampilan fisik adalah yang utama serta dapat mempengaruhi persepsi konsumen. !klan dibuat sedemikian rupa dengan menampilkan model-model wanita cantik untuk menarik konsumen, sehingga seringkali tidak sesuai dengan produk yang diiklankan. Namun disisi lain, para produsen merasa bahwa dengan menampilkan modelmodel iklan wanita cantik tersebut merupakan peluang besar untuk mencari keuntungan. Produsen seringkali tidak memperdulikan dampak yang terjadi pada konsumen dengan adanya iklan-iklan tersebut. Latar belakang ini mendorong dilakukannya penelitian ini, yang dimaksudkan untuk melihat pengaruh pemberian foto/gambar wanita cantik terhadap persepsi diri atas penampilan fisik pada remaja putri. Subjek penelitian adalah siswi kelas 2 dan 3 SL TPN 17 dan siswi kelas I dan 2 SMUNJ7 yang semuanya berusia antara 14 sampai 17 tabun yang termasuk dalam kategori remaja awal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode one group pretest-post/est design. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket persepsi diri atas penampilan fisik yang terdiri dari 25 item, angket harga diri yang terdiri dari 30 item serta angket percaya diri yang terdiri dari 20 item. Jumlah responden adalah 9G subjek. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut : I. Hasil perhitungan dengan menggunakan t-test uji beda antara persepsi diri sebelum diberikan foto wanita cantik (pretest) dengan persepsi diri setelah diberikan foto wanita cantik (posttest) menunjukkan ada pengaruh yang sangat signifikan (t = 8,019, p ~ 0,000), 2. Hasil t-test uji beda antara persepsi diri sebelum dengan setelah diberikan foto wanita cantik pada subjek yang memiliki harga diri dan percaya diri tinggi menunjukkan hasil tidak ada perbedaan (t = 1,516, p = 0,139), 3. Hasil t-test uji beda antara persepsi diri sebelum dengan setelah diberikan foto wanita cantik pada subjek yang memiliki harga diri dan percaya diri rendah diperoleh hasil adanya perbedaan yang sangat signifikan (t = 4,676, p ~ 0,000) yang menunjukkan bahwa foto wanita cantik dapat menurunkan persepsi diri atas penampilan fisik subjek menjadi negatif. Foto wanita cantik temyata mempengaruhi persepsi diri atas penampilan fisik subjek dan pengaruh tersebut akan lebih tampak pada subjek yang memiliki harga diri dan percaya diri rendah. Oleh karena itu, praktisi iklan diharapkan lebih mempertimbangkan opini masyarakat terhadap iklan yang akan ditayangkan sehingga kedua belah pihak baik produsen maupun konsumen tidak ada yang merasa dirugikan. XIV

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 19 Jan 2015 08:29
Last Modified: 19 Jan 2015 08:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item