Hubungan Antara Persepsi Konsumen Mengenai Resiko Pembelian Dengan Minat Beli Konsumen Terhadap Handphone Second (Bekas)

Purbowanti, Rokifa (2004) Hubungan Antara Persepsi Konsumen Mengenai Resiko Pembelian Dengan Minat Beli Konsumen Terhadap Handphone Second (Bekas). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
IN_610_Abstrak.pdf

Download (77Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148724

Abstract

Dengan semakin berkembangnya tekhno1ogi sekarang ini, banyak sekali dijumpai berbagai tekhno1ogi yang semakin canggih. Peralatan tersebut dirancang guna memenuhi kebutuhan para konsumen untuk mendapatkan kemudahan. Salah satunya adalah handphone. Handphone sendiri sudah bukan barang mewah lagi, sekarang ini banyak kita jumpai orang yang menjual handphone second yang memiliki harga jauh lebih murah hila dibandingkan dengan handphone baru. Handphone second sendiri memiliki resiko seperti resiko sosial, resiko psikologis, resiko fungsional, resiko fisik dan resiko finansial. bagaimana konsumen menerima, mengorganisasi dan menginterpretasi resiko-resiko yang ada pada handphone second merupakan persepsi mereka pada resiko pembe1ian terhadap handphone second. Minat sendiri merupakan proses awal sebelum seseorang memutuskan untuk membeli atau tidak membeli handphone second tersebut. Dari sinilah peneliti ingin melihat apakah ada hubtmgan antara persepsi resiko pembelian dengan minat beli konsumen terhadap handphone second. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya dengan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Pengumpu1an data untuk resiko pembelian dan minat beli terhadap handphone second dilakukan melalui angket. Dari hasil uji hipotesa dengan menggunakan korelasi Product Moment mendapatkan hasil resiko sosial sebesar r -0,173 dan p<0,05, resiko psiko1ogis sebesar r ~ -0,175 dan p<0,05, resiko fungsional sebesar r ~ -0,221 dan p<0,05, resiko fisik sebesar r ~ -0,159 dan p<0,05 serta resiko finansia1 sebesar r ~ -0,191 dan p<0,05. Hasi1 ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara resiko pembelian dengan minat beli terhadap handphone second. Ini menunjukkan bahwa persepsi resiko yang tinggi diikuti oleh minat beli terhadap handphone second yang sedang. Dari perhitungan lebih 1anjut, diperoleh bahwa resiko pembelian memberikan sumbangan peran sebesar 72,2 % terhadap minat beli terhadap handphone second. Dari data frekuensi yang ada didapatkan bahwa sebagian besar subyek penelitian merasakan ketidakpastian atau ketakutan terhadap konsekuensi yang ada, ketika mereka berpikir untuk membeli handphone second, namun hal tersebut masih dikalahkan o1eh faktor harga atau kemampuan membeli.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 19 Jan 2015 08:51
Last Modified: 19 Jan 2015 08:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item