Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Layanan Broker Properti Dengan Kepuasan Konsumen

Yanti, Alexandra Dewi (2004) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Layanan Broker Properti Dengan Kepuasan Konsumen. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_602_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_602_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148751

Abstract

Kemajuan dalam bidang pembangunan dan industri saat ini semakin sering dengan makin meningkatnya jumlah penduduk, salah satu yang dirasakan dewasa ini adalah persaingan dibidang perdagangan rumah yang secara otomatis mempengaruhi peningkatan pembelian jasa. Untuk itu peningkatan kualitas untuk produk jasa di gunakan sebagai salah satu strategi kunci untuk memposisikan produk jasa secara tepat. Salah satu produk yang termasuk di bidang jasa adalah broker properti. Kualitas layanan yang baik dari PT. ERA Jatim merupakan unsur yang sangat menunjang bagi peningkatan kepuasan konsumen ditengah-tengah banyaknya persaingan antara broker. Yang menjadi pokok permasalahan adalah apakah usaha yang di lakukan PT.ERA Jatim untuk memuaskan konsumennya sudah cukup efektif dan sesuai atau tidak dengan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Sebab pada saat survey awal diketahui ada masalah dari pihak ERA Jatim yaitu banyak dari broker ERA yang berstatus mahasiswa dan ibu RT, sehingga waktu mereka hanya sedikit untuk menghadapi para konsumen, kemudian juga masalah konsumen yang memiliki rumah untuk dijual seringkali tidak mau mengosongkan rumahnya sehingga broker tidak bisa bebas bergerak dalam menjualnya. Permasalahan inilah yang melatarbelakangi penelitian "Hubungan antara persepsi terhadap kualitas layanan dengan kepuasan konsumen". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil populasi konsumen pengguna Jasa layanan broker properti melalui izin dari PT.ERA Jatim, sampel penelitian ini sebanyak 60 orang diambil dengan teknik Incidental Sampling. Data penelitian yang terkumpul dengan menggunakan angket kemudian di analisis dengan menggunakan Teknik Korelasi Product Moment. Hasil yang di dapat adalah "Adanya hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas layanan broker properti dengan kepuasan konsumen". Hal ini dapat dilihat nilai r sebesar 0,627 dan p < 0,01. Pengujian keseluruhan aspek dan juga masing-masing aspek persepsi terhadap kualitas layanan (aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dengan kepuasan konsumen menunjukkan hasil yang sama besar. Dan yang memberikan sumbangan terbesar dari ke-5 aspek itu adalah aspek empathy yang mempunyai hubungan signifikan dengan kepuasan Konsumen ( nilai r par = 0,458 dan p=0,029 < 0,05 ). Bobot sumbangan efektif dari variabel bebas terhadap variabel tergantung begitu juga kelima aspek kualitas layanan sebesar 0,4, artinya yaitu variabel X memiliki kontribusi sebesar 40% terhadap Y yaitu kepuasan konsumen. Vlll

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 Jan 2015 06:46
Last Modified: 20 Jan 2015 06:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21955

Actions (login required)

View Item View Item