Studi Evaluasi Tentang Keefektifan Iklan Rokok X Dengan dan Tanpa Penjelasan

., Claudia (2004) Studi Evaluasi Tentang Keefektifan Iklan Rokok X Dengan dan Tanpa Penjelasan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_624_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_624_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148662

Abstract

Persaingan usaha rokok semakin hari semakin ketal, hal ini teroukti dengan semakin banyak bermunculan jenis-jenis rokok baru. Salah Slltu perusahaan rokok yang menggebrak dunia mkok adalah Sampoema dengan rokok Dji Sam Soenya. Setelab sukses dengan Dji Sam Soe, Sampoema tidak tinggal diam, Sampoema mulai meracik jenis rokok baru yang berbahan baku kretek dan akhimya diluncurkan pada tahun 1989 dengan nama Sampoema A Mild. Kinerja dari rokok ini awalnya masih naik turun, tapi pihak Sampoerna tidak tinggai diam, Sampoema sadar untuk memperkenalkan rokok ini ke masyarakat harus dapat mempunyai brand image yang kuat. Brand image yang kuat akan terllentuk dengan salah satunya lewat iklan, karena iklan merupakan alat promosi yang palingjelas, yang sangat menarik perhatian(Stanton, 1991, h.182). Melihat masalah tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh met ode penyaj ian iklan terhadap br(lll(i image Rokok Sarnpoerna A Mild pada Mahasiswa di Surabaya. Subjek pada penelitian ini adalah para mabasiswa yang pernab melihat dan memperhatikan tayangan iklan TV rokok Sampoema A Mild yang berusia 18-25 tahun yang berdomisili di Surabaya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini betjumlah 24 subjek dan dibagi kedalam 3 kelompok responden yang masing-masing terdiri dari 8 subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan angket langsung bersifat tertutup. Penelitian yang akan dilakukan adalab bersifat kuantitatif quasi eksperimental (pre test- post test designed), untuk menguji perbedaan brand image pada subjek yang diberikan tayangan iklan saja, tayangan iklan dan penjelasan serta tidak dikenai perlakuan. Ada perbedaan post test Brand Image antara kelompok tayangan iklan, tayangan iklan+t>enjelasan dan tanpa perlakuan yang sangat signifikan. Pada kelompok tayangan iklan dengan tayangan iklan + penjelasan ada perbedaan yang sangat signifikan p=0,008 (p<O,Ol ). Kelompok yang teroaik adalah kelompok tayangan iklan + penjelasan diikuti dengan tayangan iklan saja dan yang terhuruk hasilnya adalah kelompok kontrol.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Tayangan, Iklan, Sampoema A Mild.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 Jan 2015 07:10
Last Modified: 20 Jan 2015 07:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item