Motivasi dan Motif Konsumen dalam Membeli dan Investigasi Logam Mulai Antam di Surabaya

GEJALI, STEPHANIE INGGRID (2014) Motivasi dan Motif Konsumen dalam Membeli dan Investigasi Logam Mulai Antam di Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembentukan motivasi dan motif dalam diri seseorang dalam membeli dan investasi emas batangan yakni LM ANTAM. Sampel yang digunakan dengan karakteristik pria dan wanita yang membeli logam mulia ‘ANTAM’ di toko emas ‘ASLI’ dalam waktu 3 tahun terakhir dan lebih memilih merk ‘ANTAM’ dari pada merk emas murni lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui depth interview (wawancara mendalam) dengan 10 informan langganan tetap toko emas ‘ASLI’. Dalam penelitian ini pengolahan data menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan melakukan : (1)Open coding, (2) Axial Coding, (3) Selective Coding. Dari hasil analisis selective coding, motif yang mendominasi ialah motif objectification dan motif utilitarian. Motif objective dimiliki oleh informan Bu Emmy, Bu Felisia, Mas Widodo, Mas Sutrisno dan Angel. Motif utilitarian dimiliki oleh informan Ira dan Mas Edi. Selain itu motif yang juga muncul ialah motif reinforcement, identification serta expressive. Motif reinforcement dimiliki oleh informan Bu Felisia, motif identification dimiliki oleh informan Ricky, dan motif expressive dimiliki oleh informan Randy. Sedangkan untuk proses pembentukan motivasi keinginan untuk memiliki simpanan sebagai jaminan di masa depan. Kekhawatiran yang dominan yakni uang tunai yang sangat mudah dibelanjakan. Sedangkan untuk hal-hal yang mendorong mereka memilih emas yakni karena liquiditas emas yang tinggi dan harga yang meningkat di masa depan. Sebagai pembelajaran dan proses kognitif yang mendominasi ialah pengalaman dari orang tua, teman juga informasi di internet. Perilaku yang menonjol ialah banyak yang mulai melakukan pembelian emas secara rutin dari uang tunai yang mereka tabung. Banyak yang merasa bahwa sampai saat ini jumlah emas yang dikumpulkan masih jauh dari target yang diinginkan, akan tetapi mereka juga merasa puas apabila dibandingkan dengan kondisi terdahulu dimana mereka sama sekali belum memiliki emas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivation, the formation process of motivation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 30 Jan 2015 08:08
Last Modified: 30 Jan 2015 08:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item