Studi Perbedaan Motif Berprestasi Dan Prestasi Belajar Sebelum Dan Sesudah Diberi Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa-Siswa Underachiever Di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya

Puspitasari , Ferlina (1992) Studi Perbedaan Motif Berprestasi Dan Prestasi Belajar Sebelum Dan Sesudah Diberi Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa-Siswa Underachiever Di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152150

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) ada tidaknya perbedaan motif berprestasi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling. 2) ada tidaknya perbedaan motif berprestasi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah diberikan bimbingan dan konseling. 3) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling. 4) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah dibcrikan bimbingan dan konseling. 5) ada tidaknya korelasi antara motif berprestasi dan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling. 6) ada tidaknya korelasi antara motif berprestasi dan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kel ompok kontrol SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah diberikan himhingan dan konseling. Motif berprestasi dalam pcnelitian ini diartikan sebagai suatu motif yang mendorong individu untuk bertingkah laku mencapai kesuksesan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seorang siswa· dalam usaha belajarnya sebagaimana dicantumkan di dalam nilai rapornya, sedangkan bim bingan dan konseling dalam hal ini layanan bimbingan dan konseling/treatment adalah pertemuan yang dilakukan secara formal antara konselor dan murid dalam rangka membantu murid yang bersangkutan mengatasi masalah-masalahnya dan pertemuan tersebut berlangsung sebanyak 3 kali. Bimbingan dan konseling scbagai variabel bebas, sedangkan motif berprestasi atau prestasi belajar sebagai variabel tergantung. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas II yang diidentifikasi sebagai siswa-siswa "underachiever" di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya berjumlah 141 siswa. Subyek penelitian yang memenuhi syarat scbanyak 66 siswa. Xi i Alat ukur yang dipergunakan ada dua yaitu angket dan dokumen. Angket untuk mengetahui- motif berprestasi, sedangkan dokumen untuk mendapatkan data tentang siswa-siswa "underachiever". Teknik analisis data penelitian ini adalah uji-t dan korelasi product moment. Dari perhitungan dengan teknik analisis uji-t diperoleh hasil tidak ada perbedaan motif berprestasi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling, ada perbedaan motif berprestasi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah diberikan bimbingan dan konseling, ada perbedaan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling, ada perbedaan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah diberikan bimbingan dan konseling. Perhitungan dengan teknik analisis korelasi product moment diperoleh hasil tidak ada korelasi antara motif berprestasi dan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sebelum diberikan bimbingan dan konseling , ada korelasi antara motif berprestasi dan prestasi belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMA Kristen Petra 2 Pagi Surabaya sesudah diberikan bim bing an dan konseling.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 02:23
Last Modified: 04 Feb 2015 02:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item