Studi Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Intelegensi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II Di SMP Kristen Pirngadi Surabaya

-, Pratmawati (1992) Studi Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Intelegensi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II Di SMP Kristen Pirngadi Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_6_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_6_Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152152

Abstract

Keberhasilan belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh kemampuan intelektualnya. Siswa yang memiliki taraf kecerdasan yang tinggi diharapkan akan mencapai prestasi yang tinggi pula. Namun dewasa ini dengan berkembangnya tehnologi yang menuntut pencapaian prestasi dalam segala bidang, maka dibutuhkan kemampuan lain selain intelektual yaitu kemampuan berpikir kreatif. Kedua kemampuan 1n1 merupakan dua aspek yang saling menunjang dan tidak dapat dipisahkan dari sistem kognitif manusia. Adapun masalah yang diteliti adalah mengenai a)korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dan inteligensi dengan prestasi belajar, b) korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar, c) korelasi antara inteligensi dengan prestasi belajar. Subyek d4lam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP Kristen Pirngadi tahun ajaran 1991-1992 di Surabaya,yang berjumlah 68 orang. Subyek penelitian yang memenuhi syarat sebanyak 64 siswa. Alat ukur yang dipergunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik anareg umum dan korelasi parsial. Dari basil perhitungan dengan teknik analisis regresi umum didapatkan kesimpulan ada korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dan inteligensi dengan prestasi belajar. Inteligensi memberikan sumbangan yang lebih besar terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif. Dengan teknik korelasi parsial diperoleh kesimpulan ada korelasi antara inteligensi dengan prestasi belajar, dan tidak ada korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan prestasi belajar. Dari kesimpulan ini dapat dilihat bahwa kemampuan berpikir kreatif masih kurang peranannya dalam pencapaian prestasi siswa, karena sistem pendidikan terutama guru masih kurang memberikan pada anak didiknya kesempatan untuk mengembangkan bakat-bakat kreatifnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, pendidik, orang tua dan penelitian selanjutnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 02:48
Last Modified: 04 Feb 2015 02:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item View Item