Kajian Ulang Uraian Pekerjaan dan Perencanaan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi di Departemen HRD Internal PT. Karya Manunggal Jati

SARI, FRISCA DINA KARTIKA (2014) Kajian Ulang Uraian Pekerjaan dan Perencanaan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi di Departemen HRD Internal PT. Karya Manunggal Jati. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237391

Abstract

Uraian pekerjaan (job description) merupakan hal yang paling mendasar yang harus dimiliki tiap perusahaan. Uraian pekerjaan merupakan daftar tertulis yang mendeskripsikan aktivitas dan tanggungjawab dari pekerjaan. Perusahaan membutuhkan pembenakan uraian pekerjaan, karena mengalami pengurngan karyawan dan perubahan struktur organisasi. Uraian pekerjaan berbasis kompetensi ini berisi uraian pekerjaan dan kompetensi yang dibutuhkan setiap jabatan. Penelitian ini ingin melakukan pembenahan terhadap uraian pekerjaan yang sudah ada, memetakan kompetensi setiap jabatan di departemen HRD Internal dan membuat rancangan penilaian kinerja. Penelitian ini dilakukan pada 22 partisipan di departemen HRD Internal PT. Karya Manunggal Jati dengan beberapa tahap, yaitu 1) proses penggalian data dengan wawancara tidak struktur, 2) proses validasi dilakukan oleh Manager HRD Internal, 3) pemetaan kompetensi dan 4) membuat rancangan penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kelemahan didalam format uraian pekerjaan yang lama dan tidak tersosialisasinya uraian pekerjaan pada pekerja. Keterbatasan yang ada di dalam uraian pekerjaan yang lama adalah tidak adanya wewenang, hubungan kerja dan sosialisasi, sehingga para pekerja juga kurang memahami batasan kerja dan pertanggungjawaban terhadap pekerjaan. Selain itu, penilaian kinerja sebagai proses penilaian terhadap kinerja karyawan yang dapat digunakan oleh organisasi sebagai instrumen untuk meningkatkan kinerja yang dimiliki oleh karyawannya. Pembuatan penilaian kinerja memerlukan standar baku. Standar kinerja yang baik adalah dengan menggunakan kompetensi yang berlandaskan pada deskripsi kerja yang telah dimiliki. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi dan meningkatkan produktivitas pekerja yakni dengan kajian ulang uraian pekerjaan, pemetaan kompetensi dan membuat rancangan penilaian kinerja. Hasil penerapan pemetaan kompetensi terbagi menjadi dua kompetensi yaitu core competency dan specific competency. Core competency yang wajib dimiliki seluruh pekerja PT. Karya Manunggal Jati adalah detail orientation, professional intergrity, dan team orientation. Sedangkan specific competency yang wajib dimiliki departemen HRD Internal adalah sevice orientation. Selanjutnya akan dilakukan proses levelling sebagai dasar untuk pembuatan penilaian kinerja yang berbasis kompetensi. Implikasi dari penelitian ini adalah membuat penilaian kinerja berdasarkan identifikasi kompetensi yang dilakukan berdasarkan pada deskripsi kerja yang telah diperbarui.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: job description, performance appraisal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Feb 2015 04:18
Last Modified: 04 Feb 2015 04:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22225

Actions (login required)

View Item View Item