Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mengikuti Les Privat Dan Siswa Yang Mengikuti Les Kelompok Pada Siswa-Siswi Kelas III,IV Dan V SDK STELLA MARIS Surabaya

Sari Dewi , Erni (1996) Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mengikuti Les Privat Dan Siswa Yang Mengikuti Les Kelompok Pada Siswa-Siswi Kelas III,IV Dan V SDK STELLA MARIS Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_31_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_31_Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152115

Abstract

Perkembangan jaman yang menuntut orang tua sibuk mencari nafkah di luar rumah dan waktu guru di sekolah yang terbatas menyebabkan kurangnya perhatian pada siswa sehingga prestasi belajar siswa kurang terkendali. sedangkan prestasi belajar merupakan tolok ukur keberhasilan pendidikan siswa. Oleh karenanya dicari jalan agar prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. salah satunya adalah dengan mengikuti les tambahan. Les tambahan ada dua yaitu les privat dan les kelompok. Les privat terdiri dari satu orang guru dan satu orang siswa yang menekankan pada aspek perhatian. sedangkan les kelompok terdiri dari satu orang guru dengan sekelompok siswa yang menekankan pada aspek kerjasama dan persaingan. Faktor inteligensi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, oleh karenanya inteligensi digunakan sebagai variabe l kontrol. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah les tambahan sebagai variabel bebas. prestasi belajar sebagai variabel tergantung dan inteligensi sebagai variabel kon tro l. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan sampel "purposive sampling" dan pengambilan data dilakukan dengan angket . o bservasi terhadap dokumentasi rapor dan tes inteligensi Colour Progressive Matrics. Jumlah sampel penelitian adalah 81 siswa (46 siswa yang mengikuti les privat dan 35 siswa yang mengikuti les kelompok). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Statistik Analisis Kovarians Rambang Lugas dengan satu kovariabe l. Hasil hipotesis menunjukkan F= 1.555 dan p= 0.286 (p < 0,30) yang berarti ada perbedaan prestasi belajar pada siswa-siswi kelas III. IV. dan V SDK "Stella Maris" Surabaya , dengan mengendalikan inteligensi tapi kurang signifikan. Sedangkan dari hasil hipotesis dengan analisis regresi menunjukkan adanya hubungan antara prestasi belajar dan inteligensi . yang artinya inteligensi mempengaruhi prestas i belajar siswa hanya sumbangan efektifnya ke cil. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua bentuk les tambahan tersebut kurang dapat dikategor ikan yang mana yang lebih efektif dalam menunjang prestasi belajar siswa, karena pada masing-masing bentuk les tambahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Se lain itu, banyak faktor-faktor lain (selain inteligensi) yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. misalnya bakat minat kebiasaan belajar dan dukungan orang tua. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukannya secara e \ksperimen dengan melihat prestasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti les tambahan atau meneliti perbedaan prestasi belajar antara siswa-siswi yang mengikuti les tambahan dan yang tidak mengikuti les tambahan; juga agar jumlah sampel diperbanyak.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 04:23
Last Modified: 04 Feb 2015 04:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22226

Actions (login required)

View Item View Item