Perbedaan Potensi Kualitas Kepemimpinan Antara Mahasiswa Lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang Dan Mahasiswa Lulusan SMA V Surabaya

Yuli Pramayanti , Winda (1997) Perbedaan Potensi Kualitas Kepemimpinan Antara Mahasiswa Lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang Dan Mahasiswa Lulusan SMA V Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_43_Abstrak.pdf

Download (94Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152097

Abstract

Indonesia adalah negara berkembang yang sangat membutuhkan pemimpin· pemimpin tangguh untuk mengantar bangsa ini ke gerbang keberhasilan. Generasi muda adalah calon-calon pemimpin yang kelak akan berperan dalam masyarakat. Untuk itu perlu kiranya untuk memperhatikan kehidupan dan pendidikan generasi muda. Tidak bisa dipungkiri banyak pula para pelajar yang terlibat tawuran, hidup santai bahkan terjerumus ke obat -obatan terlarang. Menanggapi keadaan itu didirikanlah suatu lembaga pendidikan menengah atas yang bertujuan untuk menyiapkan para siswanya untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang tangguh. Sekolah itu bemama SMA Taruna Nusantara yang di dalamnya selain menerapkan kurikulum umum seperti sekolah-sekolah menengah atas lainnya juga menerapkan kurikulum dan kondisi khusus untuk mencapai tujuannya itu. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang dan lulusan SMAN V Surabaya. Ciri-ciri subyek penelitian ini adalah laki-laki lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang atau SMAN V Surabaya tahun 1993,1994,1995 dan 1996. Teknik pengambilan sampel adalah purposive dan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket yang terdiri dari 103 item tertutup dan 8 aitem terbuka. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik anakova satu jalur dengan 2 kovariabel. Hasil analisis data diperoleh F=5.522 dan p=0.021 (p<0.05), tapi karena variansi kedua kelompok sampel tersebut tidak homogen maka hasilnya harus diturunkan satu tingkat menjadi cukup signifikan. Ini berarti ada perbedaan potensi kualitas kepemimpinan yang cukup meyakinkan antara mahasiswa lulusan SMA Taruna Nusantara dengan mahasiswa lulusan SMAN V Surabaya dengan mengendalikan prestasi belajar dan keterlibatan dalam organisasi. Bila prestasi belajar dan keterlibatan dalam . organisasi tidak dikendalikan secara statistik, maka hasilnya menunjukkan ada perbedaan potensi kualitas kepemimpinan yang meyakinkan antara mahasiswa 1ulusan SMA Taruna Nusantara dan mahasiswa lulusan SMAN V. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dan keterlibatan dalam organisasi cukup berpengaruh terhadap potensi kualitas kepemimpinan. Lebih jauh diketahui bahwa kualitas kepemimpinan mahasiswa lulusan SMA Taruna Nusantara lebih baik daripada mahasiswa lulusan SMAN V (rerata sesuaian Al=332.171 dan A2=313.696). Dari analisis product moment diketahui ada hubungan yang cukup meyakinkan antara prestasi belajar dengan potensi kualitas kepemimpinan {rxly:=0.221 dan p=0.085). Begitu pula ada hubungan yang cukup meyakinkan antara keterlibatan da1am organisasi dengan potensi kualitas kepemimpinan (rx2y==0.207 dan p=O.l08). Kepemimpinan dapat dilatih dan dipelajari dengan suatu materi dan teknik-teknik tertentu. Sistem pendidikan yang meliputi pengajaran (kognitif), pelatihan (psikomotor) dan pengasuhan (afektif) yang diterapkan di SMA Taruna Nusantara Magelang dapat diintemalisasi dan menumbuhkan sikap kepemimpinan yang baik bagi siswanya

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 06:31
Last Modified: 04 Feb 2015 06:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22246

Actions (login required)

View Item View Item