Pengaruh Metode Audiovisual Terhadap Pemahaman IPA pada Siswa kelas IV SD

Dwi Ariani , Andhini (2007) Pengaruh Metode Audiovisual Terhadap Pemahaman IPA pada Siswa kelas IV SD. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_276_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_276_Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151889

Abstract

Pemahaman merupakan suatu kemampuan untuk mengerti maksud dari materi yang diberikan. Di dalam pemahaman terdiri dari aspek translation, interpretation, dan extrapolation. Pemahaman pada siswa sangat bergantung pada metode pembelajaran yang diberikan. Metode pembelajaran berupa metode ceramah dalam menjelaskan materi IPA kepada siswa kelas IV SD dapat membuat siswa kesulitan memahami materi yang dijelaskan. Hal ini disebabkan karena dalam metode ceramah beberapa materi yang dijelaskan tergolong abstrak, sedangkan siswa kelas IV SD memiliki perkembangan kognitif yang berada pada tahap operasional konkret. Jadi membutuhkan berbagai contoh konkret, salah satunya dengan media VCD sebagai metode pembelajaran audiovisual untuk membantu pemahaman siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa antara sebelum diberikan metode audiovisual dan sesudah diberikan metode audiovisual pada materi IPA. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman materi IPA antara siswa yang diberikan metode audiovisual dan siswa yang diberikan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen ulang non-random (nonrandomized pretest-posttest control group design). Subjek penelitian berjumlah 58 siswa kelas IV SD yang bersekolah di SD Negeri Pucang 1 Sidoarjo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum mendapatkan metode audiovisual dan sesudah mendapatkan metode audiovisual. Namun, metode audiovisual lebih mampu menarik perhatian siswa pada kondisi kelas ramai dan dapat meningkatkan pemahaman IPA siswa kelas IV SD pada aspek translation.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 03:05
Last Modified: 05 Feb 2015 03:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item