Penerapan Customer Driven Cost dalam Konsep Activity Based Costing untuk Pengendalian Biaya PT. S di Surabaya

Djin, Tjiong Soei (1995) Penerapan Customer Driven Cost dalam Konsep Activity Based Costing untuk Pengendalian Biaya PT. S di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_427_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_427_Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131818

Abstract

Dalam dunia usaha yang bersaing dewasa ini, badan usaha dituntut untuk mengetahui kondisi pasar, saluran distribusi serta produk yang menguntungkan. Banyaknya permintaan dan pelayanan yang diberikan badan usaha kepada pelanggan, menyebabkan seringnya terjadi kesalahan di dalam perhitungan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh badan usaha tersebut. Hal ini mengakibatkan informasi yang diberikan kepada badan usaha menjadi tidak akurat. Dengan timbulnya keadaan ini menuntut perhatian badan usaha untuk semakin meningkatkan keakuratan biaya-biaya yang dikeluarkan dengan jalan menerapkan metode Activity Based Costing, di mana biaya-biaya yang dikeluarkan untuk melayani para pelanggan dibebankan berdasarkan aktivitas atau kegiatan yang diperlukan untuk melayani pelanggan tersebut. Dengan demikian akan diperoleh suatu gambaran yang jelas mengenai pelanggan-pelanggan mana yang menguntungkan bagi badan usaha dan pelanggan-pelanggan mana yang yang tidak menguntungkan bagi badan usaha. Hasil dari penerapan Customer Driven Cost dalam konsep Activity Based Costing menunjukkan pelanggan Jember dan Banyuwangi adaJah pelanggan yang kurang menguntungkan karena mengkonsumsi biaya pelayanan yang terbesar. Sebaliknya, pelanggan Denpasar merupakan pelanggan yang paling menguntungkan karena selain volume penjuaJannya besar, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Dari basil pembahasan ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen badan usaha untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat sehingga dapat menyusun strategi penjualannya di masa yang akan datang sehingga pada akhimya pengendaJian biaya dan tujuan yang yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Customer Driven Cost
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:13
Last Modified: 05 Feb 2015 04:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22309

Actions (login required)

View Item View Item