Pengaruh Pelatihan Empati Terhadap Konformitas, Hubungan Sosial dan Relasi Keluarga.

Tenggara, Felyany (2000) Pengaruh Pelatihan Empati Terhadap Konformitas, Hubungan Sosial dan Relasi Keluarga. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_79_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_79_Abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152079

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, yang dalam hidupnya membutuhkan orang Jain dan juga bergantung pada orang lain. Tahap awal kebutuhan, ketergantungan sudah dapat dilihat sejak manusia dilahirkan ke dunia, di mana Tuhan .\uga memberikan teman bagi Adam, yang diberi nama Hawa. Begitu juga dalam kehidupan selanjutnya sampai saat ini. Keluarga merupakan kebutuhan komunikasi awal bagi manusia dan pengalaman pertamanya dalam berhubungan dengan orang lain, kemudian menanjak dewasa. manusia membutuhkan ternan di dalam suatu kelompok atau konformitas, juga mempunyai hubungan sosial yang lebih luas lagi ketika ia menanjak masuk ke perguruan tinggi atau Universitas. Untuk menjadi seseorang yang berarti, dihargai, dibutuhkan oleh orang lain dalam berelasi dibutuhkan pribadi yang berempati. Di sini peneliti ingin membuktikan apakah pelatihan empati yang dilakukan benar-benar ada pengaruhnya terhadap konformitas, hubungan sosial dan relasi keluarga dari mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa angkatan 1995-1996 Universitas Widya Mandala. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi yang diambil 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan MCI yaitu Minessotu Counseling inventory. Adapun teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian yang diperoleh, tidak ada pengaruh pelatihan empati terhadap konformitas, hubungan sosial dan relasi ke1uarga, dengan nilai p=0,676 (konformitas), p=O,I06 (hubungan sosial), p=0,569 (relasi keluarga). Pelatihan yang dilakukan tidak berpengaruh disebabkan oleh faktor waktu pelatihan yang terlalu singkat dan mean kelompok tidak menunjukkan adanya pengaruh yang berarti, walaupun secara individu terdapat pengaruh yang baik bagi diri siswa. Saran, bagi yayasan untuk menambah waktu pelatihan dan dilakukan secara kontinu, dimonitor oleh pembimbing, sehingga menghasilkan siswa-siswa yang benar-benar dapat membantu temannya yang bennasa1ah atau menjadi temanyang dapat berarti, berguna bagi orang lain serta dapat membantu pribadinya sendiri.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:28
Last Modified: 05 Feb 2015 04:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item