Penerapan Activity-Based Costing dalam Analisis Profitabilitas Pelanggan untuk Menunjang Perencanaan Laba pada PT. X di Surabaya

Yuliawati, Yenie (1995) Penerapan Activity-Based Costing dalam Analisis Profitabilitas Pelanggan untuk Menunjang Perencanaan Laba pada PT. X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_431_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_431_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131869

Abstract

Menjelang pasar bebas peran pemasaran menjadi semakin penting, mengingat dalam persaingru1 sernua produksi harus memiliki kualitas global yang relatif sama. Maka dari itu para pengusaha harus mampu mengantisipasi dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat Strategi-strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan agar mampu bersaing di pasar global, tetapi upaya ini harus di dukung oleh badan usaha dengan beroperasi secara lebih efisien. Strategi pemasran yang sering di gunakan untuk mengoptimalkan volume penjualan laba adalah dengan meningkatkan pelayanan dan usaha-usah penjualan, perubahan syarat-syarat penjualan dan kebijakan penepatan harga. Meningkatkan pelayanan merupakan salah satu strateg1 pemasaran dalam memperoleh pelanggan tetapi kadang-kadang tanpa sadar dalam persaingan yang ketat ini untuk memperoleh pelanggan menyebabkan badan usaha berusaha melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. sehingga tanpa disadari menciptakan tambahan aktivitas dan biaya yang sebenarnya tidak diperlukan. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tiap kelompok pelanggan mengkonsumsi aktivitas dan sumber daya yang berbeda Dalam skripsi ini ruang lingkup analisis profitabilitas hanya dibatasi pada pelanggan-pelanggan kota Surabaya saja. Pelanggan yang ada di kelompokkan menurut karakteristik masing-masing dan analisis profitabilitas diterapkan pada masing-masing kelompok pelanggan terse but. Hasil anaLisis pro!it.abilitas pclanggan yang dilakuk:.m tcrhaJap pclanggan-pelanggau PT. "X" menunjukkan pelanggan jenis grosir merupakan pelanggan yang paling menguntungkan. sebaliknya koperasi merupakan pelanggan yang paling tidak menguntungkan. Dan hasil ini d1harapkan PT. "X" dapat menyusun strategi penjualan dengan lebih baik.Sehinggadapat digunakan untuk menunjang perencanaan yang telah ditetapkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Activity Based Costing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 05:11
Last Modified: 24 Mar 2021 15:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item