Hubungan Motivasi Membaca Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Alexandra, Maria (2000) Hubungan Motivasi Membaca Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_83_Abstrak.pdf

Download (80Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152076

Abstract

Pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, kemandirian dalam belajarakan lebih dituntut karena mahasiswa dianggap sudah mampu dan mmnpunyai inisiatif untuk melakukan belajar mandiri yang dapat dilakukan dengan membaca buku-buku di perpustakaan mencari artikel dan lain sebagainya Dengan membaca mahasiswa dapat mengembangkan wawasan berpikir sehingga dapat mengikuti pendidikan lanjutan dengan baik Mahasiswa yang merasa mendapat banyak keuntungan dari membaca akan termotrvasi untuk membaca dan akan mendapat banyak pengetahuan sehingga mencapai prestasi belajar yang baik. Namun ternyata ada juga mahasiswa yang mempunyai prestasi belajar cenderung rendah. Di sisi lain ada mahasiswa yang kurang termotivasi membaca sehingga kurang berkembang wawasannya dan prestasi belajanya kurang begitu baik, tetapi ada yang memiliki prestasi belajar yang cenderung baik. Selain motivasi membacaa dan hal-hal lain yang ikut mempengaruhi prestasi belajar. Inteligensi merupakan salah satunya. Kemampuan bahasa Inggris dan strategi membaca yang baik juga diperkirakan dapat mempengaruh pemahaman mahasiswa dalam membaca. Karena itu peneliti ingin melihat apakah ada hubungan antara motivasi membaca dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi dengan mengendalikan inteligensi dan strategi membaca.. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 1999 sejumlah 50 orang. Data untuk penelitian diambil dengan menggunakan metode dokumentasi testing dan angket. Berdasarkan teknik analisis statistik Partial Correlation 2+ailed Signrficance diketahui bahwa tidak ada hubungan antara motivasi membaca dengan prestasi belajar pada mahasisw Fakultas Psikologi( r=0.0335d engan5 0.818 ataup >0.05). Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang berhubungan dengan prestas belajar dalam penelitian ini adalah inteligens(ir :0.4712d enganp :0.001 atau p<0.05). Strategi membaca mahasiswa tergolong baik tetapi tedak ditunjang dengan keluasaan jenis bacaan banyak buku yang dibaca, lama waktu untuk membaca dan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Dalam penelitian ini ditemukan juga faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yaitu tingkat kemampuan kognitif dari soal evalusi berdasarkan Taksonomi Bloom namun belum terungkap dalam penelitian

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 05:06
Last Modified: 05 Feb 2015 05:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22325

Actions (login required)

View Item View Item