Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Skripsi Dengan Motivasi Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Wisnuwardhana, Sidharta (2000) Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Skripsi Dengan Motivasi Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_84_Abstrak.pdf

Download (97Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152071

Abstract

Berdasarkan fenomena ada mahasiswa yang memiliki indeks prestasi kumulatif 3,5 namun kelulusannya melebihi masa studi tetapi ada mahasiswa dengan indeks prestasi kumulatif 2,6 bisa lulus lebih cepat dari masa studinya dan dalam perkuliahan, skripsi merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa tanpa kecuali. Berdasarkan data Fakultas Psikologi Universitas Surabaya ada 369 mahasiswa yang menuliskan mata kuliah skripsi di Kartu Studi pada tahun 2000 namun hanya 180 mahasiswa saja yang melakukan proses bimbingan. Penyusunan skripsi ini sangat tergantung oleh bagaimana mahasiswa tersebut memandang skripsi sebagai sesuatu yang bernilai bagi dirinya. Cara pandang terhadap sesuatu itu secara singkat dapat disebut persepsi. Persepsi inilah yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan suatu tindakan tertentu. Alasan atau dasar dari suatu tindakan yang dilakukan dapat disebut juga dengan istilah motivasi. Semakin seseorang mempunyai persepsi yang positif terhadap sesuatu semakin tinggi motivasi yang ditampilkan, karena tindakan yang dilakukan tidak akan lepas dari tujuan, kebutuhan, yang ingin dicapai. Hal ini sejalan dengan pendapat Vroom (dalam Wahjosumidjo, 1984) keinginan seseorang untuk menghasilkan sesuatu sangat tergantung atas tujuan khusus yang ingin dicapainya dan persepsinya atas tindakan - tindakan untuk mencapai tujuan tersebut dan hasil yang dicapai merupakan alat pemuas bagi seseorang. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi (motivasi intrinsik maupun motivasi ektrinsik) memegang peranan yang besar terhadap proses pengerjaan skripsi. Metode pengumpulan 9ata diungkap dengan menggunakan angket ( angket terbuka dan angket tertutup) untuk vanabel persepsi terhadap skripsi dan variabel motivasi mengerjakan skripsi. Subyek penelitian adalah mahasiswa angkatan 94 sd 96 yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang berjumlah 88 orang. Untuk pengujiannya digunakan teknik korelasi Product Moment Person. Persepsi mahasiswa terhadap skripsi dan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa angkatan 94 s/d 96 di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya tergolong cukup positif (36,36%) dan positif (20,45%) dengan motivasi yang tinggi. Hasil penelitian secara total menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap skripsi dengan motivasi mengerjakan skripsi (r: 0,731; p = 0,000). Saran untuk penelitian selanjutnya melakukan penelitian pada mahasiswa yang menuliskan mata kuliah skripsi di Kartu Studi namun tidak melakukan proses bimbingan (selain faktor persepsi dan motivasi). Selanjutnya mahasiswa dapat memilih topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya dan membuat rencana kerja serta target waktu penyelesaian skripsi. Sedangkan Fakultas memungkinkan untuk merancang suatu program untuk membantu mahasiswa dalam menentukan minatnya sedini mungkin dan program ini dikomunikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mahasiswa serta mempertahankan persepsi yang positif & motivasi yang tinggi terhadap skripsi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:58
Last Modified: 05 Feb 2015 06:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item