Hubungan antara Self Efficacy Anak pada Matematika dan Dukungan Sosial dengan Nilai Pekerjaan Rumah Matematika

Halim, Indramaya (2007) Hubungan antara Self Efficacy Anak pada Matematika dan Dukungan Sosial dengan Nilai Pekerjaan Rumah Matematika. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_284_Abstrak.pdf

Download (45Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151868

Abstract

Pelajaran matematika umumnya mengutamakan pola berpikir sistematis dan logis sehingga cukup sulit dipahami oleh sebagian siswa. Salah satu cara dilakukan agar sebuah mata pelajaran dapat terserap dengan baik oleh siswa dengan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pengerjaan pekerjaan rumah matematika disebabkan bermacammacam hal. Perasaan tidak mampu yang ada pada diri siswa menunjukkan self efficacy anak tersebut rendah. Faktor dukungan sosial khususnya dari orang tua juga dapat mempengaruhi nilai pekerjaan rumah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan self efficacy anak pada matematika dan dukungan sosial dengan nilai pekerjaan rumah matematika. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan data dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kendangsari V Surabaya, dengan usia 10 tahun dan 11 tahun. Untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, digunakan tehnik analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai F = 0.997, p (0.009) < (0.05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara self efficacy dan dukungan sosial dengan nilai pekerjaan rumah. Hal ini membuktikan hipotesis yang diajukan diterima, berarti semakin baik self efficacy anak dan dukungan sosial yang diberikan diikuti dengan nilai pekerjaan rumah matematika yang baik. Saran yang dapat diberikan penelitian ini guru dapat memberikan feedback dengan menerangkan jawaban dari pekerjaan rumah yang diberikan pada siswa untuk meningkatkan self efficacy siswa. Informasi mengenai dukungan sosial yang dominan terhadap nilai pekerjaan rumah, dapat digunakan pihak sekolah dan orang tua untuk memperhatikan dan memberi dukungan yang lebih pada siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 07:41
Last Modified: 05 Feb 2015 07:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item