Keterlibatan Guru dalam Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di SD Tamiriyah Surabaya

Ayu Arie Setyowati, Citra (2007) Keterlibatan Guru dalam Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di SD Tamiriyah Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_288_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_288_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151865

Abstract

Kualitas suatu bangsa bergantung pada tingkat pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka perlu adanya perubahan kurikulum. Bergantinya kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 yang lebih di kenal sebagai KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) mengenalkan tentang pembelajaran tematik yang merupakan pembelajaran yang utuh dan bermakna yang diterapkan di sekolah dasar tingkat rendah (kelas I dan II) membuat guru memiliki peranan yang penting dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlibatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terkait dengan tugasnya dalam perencanaan, strategi belajar dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penjabaran hasil secara kritikal tentang bagaimana keterlibatan guru dan hal apa saja yang mempengaruhi keterlibatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pedoman terstandar yang terbuka. Jumlah informan yang diwawancarai adalah 8 guru perempuan yang semuanya merupakan pengajar tematik. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik ini guru lebih terlibat pada proses strategi belajar. Guru mampu menciptakan sebuah metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Ada beberapa hal yang mempengaruhi keterlibatan guru antara lain ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki guru mengenai konsep pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Simpulan akhirnya, keterlibatan guru yang muncul sebatas pada pengembangan strategi pengajaran sedangkan dalam perencanaan dan evaluasi guru mengacu pada Diknas dan buku paket yang ada.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:35
Last Modified: 05 Feb 2015 08:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22374

Actions (login required)

View Item View Item