Hubungan Antara Kecemasan dan Minat dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X yang Remedial

Welas Prihatini , Ni Putu (2008) Hubungan Antara Kecemasan dan Minat dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X yang Remedial. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_320_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_320_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134455

Abstract

Rendahnya nilai matematika siswa yang pada umumnya disertai dengan penilaian bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit menyebabkan matematika menjadi “momok” bagi siswa. Matematika menjadi pelajaran yang menakutkan bagi sebagian siswa, yang pada akhirnya mempengaruhi minat siswa terhadap pelajaran matematika dan siswa mengalami kecemasan dalam belajar matematika, sehingga nilai matematika rendah dan siswa yang remedial berhak mengikuti pengajaran perbaikan untuk memperbaiki nilainya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kecemasan dan minat terhadap matematika dengan prestasi belajar siswa SMA yang remedial. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 4 Singaraja yang mengikuti remedial dan dilakukan dengan teknik total population sampling yaitu dengan mengambil semua siswa kelas X yang sesuai dengan karakteristik yang telah ditentukan yaitu siswa yang mengikuti remedial. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Hasil penelitian melalui pengujian hipotesis menggunakan Kendall’s, didapatkan nilai r sebesar 0,063 dengan p>0,05 untuk korelasi variabel kecemasan dengan prestasi belajar, maka berarti tidak ada hubungan antara kecemasan dengan prestasi belajar matematika siswa yang remedial. Sedangkan untuk korelasi variabel minat terhadap matematika dengan prestasi belajar, didapatkan nilai r sebesar 0,10 dengan p>0,05, berarti tidak ada hubungan antara minat terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika siswa yang remedial. Kemungkinan penyebab tidak adanya hubungan antara variabel-variabel tersebut adalah karena adanya faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa seperti inteligensi, sikap, motivasi, skema tentang pemecahan masalah yang diajarkan sebelumnya pada siswa yang mengikuti pengajaran perbaikan. Selain itu, kemungkinan adanya faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika seperti faktor pengajaran guru dan lingkungan belajar. Kelemahan penelitian ini adalah tidak mengukur variabel yang sifatnya eksternal pada siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Maka saran yang dapat diberikan adalah dengan menambahkan variabel-variabel lain baik yang sifatnya eksternal maupun internal yang dapat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa yang remedial.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, minat, prestasi belajar, matematika, remedial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:58
Last Modified: 05 Feb 2015 08:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

View Item View Item