Analisis Life Cycle Costing sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Penetapan Harga Jual pada PT. X di Sidoarjo

., Mieke (1995) Analisis Life Cycle Costing sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Penetapan Harga Jual pada PT. X di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_451_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_451_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131829

Abstract

Arus globalisasi telah menyebabkan persaingan an tar badan usaha semakin ketat. Se1ain itu, didukung dengan perkembangan teknologi yang makin canggih menyebabkan dunia secara kese1uruhan cepat berubah. Perubahan tekno1ogi ini membawa dampak yang sangat berarti bagi dunia perdagangan dan industri di se1uruh dunia. Perkembangan ini juga sangat berpengaruh bagi badan usaha, terutama da1am menerapkan berbagai strategi untuk memenangkan persaingan dalam industrinya. Strategi yang telah dipi1ih akan menentukan posisi badan usaha untuk melindungi dirinya dari tekanan pesaing dan menarik pe1anggan. Bagi badan usaha yang pertama kali memasuki pasar, strategi penetapan harga sangat berpengaruh bagi keber1angsungan hidup produk dan arus kas masuk bagi badan usaha. Terutama bagi produk yang baru diperkenalkan oleh PT "X" yaitu sepatu anak-anak tipe BT, maka penetapan harga jual ada1ah sangat kritis. Badan usaha harus mampu menganalisa pasar dan melakukan penyesuaian sesuai dengan keadaan. Penetapan harga dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain: biaya produk 1 pesaing, daya beli masyarakat, kebijakan pemerintah, persepsi pelanggan, promosi dan iklan. Faktor utama dari penetapan harga jua1 produk adalah biaya produk, dimana biaya produk berperan sebagai batas bawah dari harga yang mungkin ditawarkan. PT "X" selama ini menghitung biaya produk secara tradisional, yaitu menyamakan biaya produk dengan biaya produksi. Perhitungan seperti ini ada1ah sangat sempit. Dimana dengan pendekatan Life Cycle Costing, biaya produksi hanya merupakan sebagian dari biaya produk kese1uruhan. Life cycle cost mengidentifikasikan biaya produk sejak tahap penelitian dan pengembangan diawa1i dengan mengidentifikasikan kebutuhan/selera masyarakat, lalu tahap produksi, dan tahap setelah produksi yang dikena1 dengan biaya logistk, seperti biaya transportasi, iklan, distribusi, garansi dan sebagainya. Bagi PT "X" perhitungan biaya produk yaitu untuk sepatu yang dijual secara masa1, adalah sangat cocok bila dihitung dengan life cycle costing, karena sifat sepatu anak-anak yang mempunyai umur relatif singkat, cepat berubah, sehingga kesempatan badan usaha untuk menyesuaikan melalui bauran produk atau perubahan harga adalah sangat kecil.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Life Cycle Costing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 09:03
Last Modified: 05 Feb 2015 09:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22384

Actions (login required)

View Item View Item