Anggreini, Marisa (2008) Profil Multiple Intelligences pada Peserta Percepatan Belajar di SMA Negeri 5 Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_329_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Program percepatan belajar merupakan salah satu model pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa. Peserta didik tersebut biasa disebut dengan siswa cerdas istimewa. SMA Negeri 5 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang sejak tahun 2001 sampai dengan saat ini, tetap mendapatkan izin dari pemerintah untuk menyelenggarakan program percepatan belajar. Gardner, 1983 mengatakan bahwa terdapat 8 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yaitu multiple intelligences. Kedelapan kecerdasan tersebut antara lain kecerdasan logic mathemathic, verbal linguistic, visual spatial, bodily kinestethic, musical, naturalist, interpersonal, dan intrapersonal. Setiap manusia memiliki kedelapan kecerdasan tersebut, hanya saja tidak selalu kedelapan kecerdasan tersebut mengalami perkembangan. Jenis kecerdasan mana yang akan berkembang umumnya datang dari orang tua ketika orang yang bersangkutan masih kecil. Berkembangnya kecerdasan – kecerdasan tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh orang tua tetapi juga oleh lingkungan, misalnya sekolah. Siswa cerdas istimewa memiliki kecenderungan multitalented. Hal tersebut berarti bahwa siswa cerdas istimewa cenderung memiliki kedelapan kecerdasan dalam multiple intelligences. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dan menggunakan total population study. Subjek penelitian ini sebanyak 24 orang yang akan diambil data kuantitatif dan sebanyak 6 orang akan diambil data kualitatif. Alat ukur yang digunakan adalah facet tes dan didukung dengan metode wawancara. Berdasarkan facet tes didapatkan hasil bahwa kedelapan kecerdasan tersebut termasuk pada kategori tinggi. berdasarkan wawancara, didapatkan hasil bahwa kegiatan – kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan multiple intelligences adalah kegiatan yang sifatnya sementara dan tidak berlangsung secara terus menerus. Tidak semua kecerdasan mendapatkan stimulasi baik dari rumah maupun dari sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk dapat melakukan penelitian serupa dengan mengambil sampel pada sekolah yang lebih menekankan pada pengembangan multiple intelligences.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple intelligences, percepatan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 09:23 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 09:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22390 |
Actions (login required)
View Item |