PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN VOKASI MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN STUDI KASUS PADA POLITEKNIK UBAYA SURABAYA)

., Barnad (2015) PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN VOKASI MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN STUDI KASUS PADA POLITEKNIK UBAYA SURABAYA). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. ISSN 978-602-7981-38-6

[img]
Preview
PDF
9_barnad_abstrak.pdf

Download (22Kb) | Preview

Abstract

Politeknik UBAYA merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma III dengan lima buah program studi, yaitu Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretari, Bahasa Inggris Bisnis dan Perpajakan. Proses pembelajaran yang diterapkan untuk seluruh program studi, yaitu: memberikan porsi yang besar untuk pembelajaran secara praktik dibandingkan pembelajaran secara teori (60:40). Serta mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan selama 38 JP(jam perkuliahan) setiap pekan. Apabila mahasiswa tidak memenuhi kuota tersebut, maka mahasiswa diberikan sanksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan sistem pembelajaran seperti ini adalah agar mahasiswa selama perkuliahan dididik dan dikondisikan seperti layaknya bekerja di sebuah kantor. Kehadiran dalam proses pembelajaran merupakan wadah untuk melatih diri dalam menyelesaikan persoalan. Oleh karena itu proses penilaiannya tidak berdasarkan pada UTS dan UAS saja, akan tetapi penilaian atas kegiatan praktik yang dilakukan mahasiswa menjadi unsur utama. Dengan ragam penilaian seperti ini dapat disimpulkan sementara bahwa ada korelasi antara kehadiran mahasiswa dengan prestasi belajar (kualitas) yang diperoleh mahasiswa setiap semester (IPS). Keberhasilan dalam proses pembelajaran tidak hanya diukur dari keberhasilan transfer knowledge kepada mahasiswa (diukur dari nilai yang didapat), akan tetapi keberhasilan dalam pembentukan nilai-nilai softskill menjadi penting karena berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai-nilai softskill yang baik menjadi faktor keberhasilan utama di dunia kerja. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah mekanisme yang terstruktur untuk menanamkan nilai-nilai softskill tersebut selama mahasiswa belajar di institusi pendidikan. Untuk menjawab hal tersebut akan dijelaskan data-data proses dan hasil akademik dengan mengambil sampel dua program studi yang memiliki mahasiswa terbanyak di Politeknik Ubaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Nilai - Nilai Softskill, Prestasi Belajar, Sistem Pembelajaran, Sistem Penilaian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polytechnic > Diploma in Secretary
Depositing User: Barnad (4303)
Date Deposited: 09 Feb 2015 02:57
Last Modified: 11 May 2016 04:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item View Item