Ciri dan Motivasi Berwirausaha pada Perempuan

Octavia, Devi (2005) Ciri dan Motivasi Berwirausaha pada Perempuan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148666

Abstract

Untuk menjadi seorang wirausaha bukan karena bakat dari lahir, melainkan terkait erat dengan tindakan atau aksi, jadi siapa saja bisa menjadi seorang wirausaha. Menjadi seorang wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang-peluang tersebut. Berwirausaha berarti memiliki ciri-ciri yang mempunyai nilai dan melekat pada seseorang yang akan dijadikan ukuran baku bagi persepsinya terhadap dunia luar (Rockeach, 1973) dan memiliki motivasi untuk memberikan dorongan untuk melakukan tindakan (action at au activities) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan atau mengurangi ketidakseimbangan. Dalam penelitian ini, dititik beratkan pada wirausaha perempuan karena kaum perempuan juga ikut mempengaruhi pertumbuhan berwirausaha saat ini. Pemilihan sampel dilakukan pada perempan wirausaha yang sudah memiliki usaha selama lima tahun dengan pertimbangan sudah memiliki pelanggan tetap, dan modal usaha sudah kembali. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara bebas terpimpin yang didalamnya terdapat unsur-unsur pengarahan pembicaraan secara tegas dan memokok, sedangkan data yang diperoleh akan akan dianalisis secara analisis tema. Diketahui ciri wirausaha menurut Meredith ( 1996) adalah 1. percaya diri, 2. keorisinilan, 3. berorientasi pada tugas dan hasil, 4. berani mengambil resiko, 5. berorientasi pada masa depan, 6. kepemimpinan melekat pada lima subyek penelitian. Disamping ciri-ciri diatas, ditemukan pula bahwa perempuan wirausaha juga memiliki ciri sebagai berikut: 1. Tidak cepat puas, 2. Tidak melihat keberhasilan orang lain, 3. Keinginan untuk mewariskan usaha pada anak-anaknya, dan 4. mengandalkan Tuhan. Tiga dari lima subyek penelitian menyatakan bahwa motivasi berwirausaha adalah keinginan untuk memenuhi motivasi fisiologis, satu diantara lima subyek ingin memenuhi motivasi aktualisasi diri dan yang terakhir ingin memenuhi motivasi rasa cinta dan memiliki.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Feb 2015 07:37
Last Modified: 09 Feb 2015 07:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item