Efektivitas Pelatihan Penyesuaian Belajar Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Perguruan Tinggi

CAESARIA, FARIDA FATMA MEITY (2014) Efektivitas Pelatihan Penyesuaian Belajar Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237397

Abstract

Bagi sebagian besar orang, pendidikan merupakan hal yang dinilai penting, sehingga mereka biasanya ingin melanjutkan pendidikan hingga Perguruan Tinggi. Terdapatnya perbedaan sistem pembelajaran di tingkat SMA dan Perguruan Tinggi seringkali membuat mahasiswa mengalami kesulitan untuk beradaptasi sehingga akhirnya memengaruhi nilai IPK mereka. IPK merupakan salah satu indikator utama yang menunjukkan bahwa mahasiswa kurang mampu untuk melakukan penyesuaian pada kehidupan di PT, seperti yang dikatakan dalam Adams & Proctor (2010) bahwa salah satu hal yang memengaruhi kesuksesan seseorang untuk bisa beradaptasi di Perguruan tinggi yaitu nilai akademiknya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran “Pelatihan Penyesuaian Belajar” terhadap penyesuaian diri di Perguruan Tinggi pada Mahasiswa tahun kedua di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-post test design (quasi experiment). Data kuantitatif ini diperoleh melalui skala Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Data kualitatif diperoleh dari wawancara, work sheet serta pemeriksaan psikologi. Hasil asesmen yang dilakukan menunjukkan bahwa partisipan mengalami permasalahan penyesuaian diri terhadap Perguruan Tinggi dalam aspek Penyesuaian Akademik dan Penyesuaian Personal Emosional. Hal ini menjadi dasar untuk diberikan intervensi secara kelompok dan individu. Intervensi kelompok dilakukan dengan memberikan “Pelatihan Penyesuaian Belajar di Perguruan Tinggi”, sedangkan intervensi individu dilakukan dengan Konseling Individu. Hasil dari intervensi yang dilakukan menunjukkan bahwa secara kuantitatif tidak terdapat perbedaan penyesuaian diri di Perguruan Tinggi baik sebelum maupun sesudah pemberian intervensi dengan nilai p 0,180 > 0,05. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa terdapat perubahan dalam pengaturan waktu dalam kegiatan belajar yang dilakukan oleh para partisipan, selain itu para partisipan sudah mulai bisa menentukan tujuan yang ingin mereka capai dalam akademik dan juga bisa lebih melihat hal yang memotivasi mereka untuk mencapai tujuan tersebut. Para partisipan juga mendapatkan pemahaman-pemahaman baru terhadap permasalahan yang mereka alami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: students adjustment in university
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:35
Last Modified: 11 Feb 2015 04:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item View Item