Pengaruh Pelatihan Positive Behavior Support Pada Pendamping Rumah Singgah Griya Pena Kharisma untuk Meningkatkan Kemampuan Penanganan Perilaku agresi Anak Jalanan Usia Dini

MAHFOED, SABRINA (2014) Pengaruh Pelatihan Positive Behavior Support Pada Pendamping Rumah Singgah Griya Pena Kharisma untuk Meningkatkan Kemampuan Penanganan Perilaku agresi Anak Jalanan Usia Dini. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237398

Abstract

Perilaku agresi yang dilakukan anak jalanan usia dini di rumah singgah menuntut pendamping untuk dapat melakukan penanganan secara tepat, namun pada kenyataannya pendamping mengalami kesulitan untuk melakukan penanganan karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan positive behavior support dalam meningkatkan kemampuan penanganan perilaku agresi anak jalanan usia dini yang dimiliki oleh pendamping. Penelitian ini menggunakan quasi experimental single case dengan desain pretest-posttest only. Subjek (N=3) merupakan populasi pendamping pada Rumah Singgah Griya Pena Kharisma. Metode pengambilan data yang digunakan dalam proses asesmen menggunakan tes prestasi positive behavior support, rating scales positive behavior support, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan skor yang diperoleh pada tahap asesmen dan intervensi menggunakan uji Wilcoxon. Dari asesmen diperoleh hasil subjek telah memiliki beberapa pengetahuan dan keterampilan dalam aspek positive behavior support, yaitu membangun rapport, mengidentifikasi perilaku agresi, membuat aturan, memberikan reward dan punishment, dan monitoring. Di samping itu juga terdapat pengetahuan dan keterampilan yang belum optimal, yaitu dalam membangun komitmen dan token economy. Hasil dari uji statistik yang dilakukan menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang siginifikan sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan, yaitu penilaian knowledge (nilai sig = 0.102) dan penilaian skill (nilai sig = 0.102), namun pelatihan memberikan hasil pada meningkatnya pengetahuan pendamping mengenai positive behavior support dan adanya rencana pembentukan perilaku positif anak jalanan usia dini yang dilakukan di rumah singgah dan di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: positive behavior support, aggression
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:37
Last Modified: 11 Feb 2015 04:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22677

Actions (login required)

View Item View Item