Gaya Hidup Dan Perilaku Membeli Makanan Di Warung Tenda Surya Surabaya

RUSDIANA, RUSDIANA (1999) Gaya Hidup Dan Perilaku Membeli Makanan Di Warung Tenda Surya Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149015

Abstract

Adanya tren bam dalam masyarakat yaitu munculnya warung tenda yang menjual berbagai macam menu makanan dan tampaknya juga digemari oleh masyarakat menimbulkan suatu gejala yang menarik untuk diteliti. Warung tenda yang didirikan dipinggir-pinggir jalan ini, temyata mampu menarik konsumen dari lapisan atas untuk makan di sana dan hal ini dapat dilihat bahwa kebanyakan dari merekapun bermobil. Karena itu penelitian ini ingin mengetahui bagaimana sebetulnya gaya hidup dan perilaku membeli konsumen warung tenda. Subyek penelitian ini adalah semua orang yang ditemui sedang melakukan pembelian di Warung Tenda Surya Surabaya, dan bersedia untuk mengisi angket yang penulis susun. Metode sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Metoda pengambilan data menggunakan angket terbuka, dengan jumlah subyek sebanyak 40 responden. Teknik analisis data adalah deskripsi kualitatifmurni. Hasil penelitian : ( 1) konsumen warung tenda didominasi oleh sarjana S 1 dan anak SMA, rata-rata berusia 20-29 tahun, dan bekeija sebagai karyawan swasta dengan mayoritas aktivitas yang dilakukan sebagai orang lapangan atau marketing, (2) Konsumen dengan frekuensi pembelian lebih dari 4 kali sebulan, 2- 4 kali sebulan, dan 1 kali sebulan mempunyai ciri-ciri gaya hidup yang hampir sama yaitu melakukan pekeijaan lapangan, berlibur ke luar kota, berteman, dan berbelanja ke Mall; minatnya : menyukai keluarga yang demokratis, berekreasi ke luar rumah, dan pada dasamya mereka menyukai makanan buatan sendiri atau rumah; opini : menganggap diri sendiri orang yang terbuka, percaya diri, mandiri, dan optimis. Perbedaannya adalah: inisiatif pembelian konsumen dengan frekuensi pembelian lebih dari 4 kali sebulan datang dari diri sendiri sedangkan frekuensi 2-4 kali sebulan dan l kali sebulan karena ajakan orang lain; dan produk yang menjadi perhatian pada frekuensi lebih dari 4 kali sebulan adalah makanan, sedangkan frekuensi 2-4 dan 1 kali sebulan mengutamakan pakaian. (3) Alasan konsumen makan di warung tenda adalah karena rasanya enak dan murah. Berdasarkan hasil penelitian, maka target pemasaran yang tepat bagi usaha warung tenda ditujukan bagi konsumen yang berusia 20-29 tahun, rata-rata berpendidikan S 1 atau anak SMA. Disarankan pada pihak-pihak yang bergerak di bidang bisnis makanan bahwa hal yang paling utama adalah makanan yang dijual itu harus enak dan murah karena hal ini menjadi pertimbangan utama konsumen dalam membeli makanan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Jan 2013 02:43
Last Modified: 29 Sep 2020 03:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item