Studi Perilaku Konsumen Produk Rabl Berdasarkan Segmentasi Psikografi Di Surabaya

Tjio, Ferryanto Cokrowijoyo (1996) Studi Perilaku Konsumen Produk Rabl Berdasarkan Segmentasi Psikografi Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230924

Abstract

Produk kosmetik yang makin beragam dengan berbagai merek banyak bermunculan menciptakan persaingan yang ketat untuk dapat meraih pangsa pasar. Dalam menghadapi persaingan yang makin ketat menuntut perusahaan untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam membidik pasar. Strategi pemasaran yang diterapkan belumlah cukup hanya dengan pendekatan demografi namun perlu diperhatikan faktor psikografi dalam mensegmentasikan konsumen. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kosmetik meluncurkan produk kosmetik untuk kaum remaja putri. Salah satu produk kosmetiknya adalah hand body lotion yaitu RABL. Perusahaan tersebut ingin melihat segmentasi konsumen produk RABL yang ada di Surabaya berdasarkan pendekatan demografi dan psikografi untuk dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pendekatan psikografi yang dianggap sangat berpengaruh besar dalam menentukan perilaku pembelian dan konsumsi adalah gaya hidup ( life style ). Untuk menentukan gaya hidup digunakan konsep kebutuhan ( need ) menurut Henry Murray dan Edward dengan mengambil 12 need yang dapat menggambarkan kebutuhan psikologis remaja. Dari tiap need tersebut dibuat dua pertanyaan sehingga jumlah pertanyaan menjadi 24 pertanyaan atau variabel. Dengan menggunakan metode analisa faktor terhadap 24 variabel tersebut, ternyata ada 3 variabel yang tidak dominan dan dikeluarkan karena tidak dapat menggambarkan konsep gaya hidup konsumen RABL. Dari analisa faktor dihasilkan 12 faktor yang mempengaruhi gaya hidup konsumen RABL. Dengan menggunakan 21 variabel yang diperoleh dari analisa faktor, dilakukan analisa cluster untuk mensegmentasikan konsumen RABL. Dari analisa cluster terbentuk 3 segmen yaitu Allen/ion Seeker, Performer, dan Socialite. Tiap segmen dilakukan analisa deskriptif data demografi, aktivitas dan minat secara umum serta pertanyaan mengenai produk RABL. Analisa faktor terhadap tiap segmen juga dilakukan untuk pertanyaan alasan tertarik membeli produk untuk memperoleh faktor-faktor yang dianggap penting oleh masing-masing segmen dalam memilih produk RABL. Selain itu, dilakukan analisa data katagori untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakteristik setiap segmen terhadap faktor demografi, aktivitas dan minat secara umum, tempat membeli produk, pertama kali mengenal produk, pemakaian ke berapa dan jumlah pemakaian produk dalam sebulan. Dengan studi perilaku konsumen produk RABL berdasarkan segmentasi psikografi ini diharapkan perusahaan dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 22 Dec 2012 03:38
Last Modified: 22 Dec 2012 03:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item