Wibawa, Teguh (2005) Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pada jaman sekarang ini persaingan di dalam setiap jenis usaha semakin ketat,apalagi pada tahun 2004 ini Indonesia telah memasuki pasar bebas AFTA, sehingga perusahaan dalam negeri yang ada tidak hanya bersaing dengan perusahaan dalam negeri lainnya, tetapi juga harus bersaing dengan perusahaan asing lainnya yang telah melakukan ekspansinya ke Indonesia. Sektor pariwisata khususnya perhotelan harus terus berbenah diri, karena semakin tahun akan mengalami persaingan yang semakin ketat. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya tingkat hunian hotel berbintang selama tahun 2001 mulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember tidak mengalami kenaikan yang cukup berarti bahkan terkesan tetap. Melihat hal tersebut, perusahaan hotel berbintang perlu memperhatikan prestasi kerja karyawannya, karena hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting untuk mendukung jumlah dan kualitas hasil layanan hotel. Salah satu usaha yang ditempuh hotel untuk meningkatkan prestasi kerja karyawannya melalui program pelatihan. Dalam kenyataannya pelatihan dimaksudkan untuk mempertinggi kerja karyawan dengan mengembangkan cara berpikir dan bertindak yang tepat serta pengetahuan tentang tugas pekerjaan. Dengan perkataan lain pelatihan dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan. Peneliti ingin mengungkap apakah ada pengaruh pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan pelaksana Hotel JW. Marriott cabang Indonesia yang berada di Surabaya, sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Jenis penelitian adalah pseudo eksperimen dengan melihat pengaruh off the job training pada prestasi kerja. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t=-1,418 dan p=0,164 > 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan pada hotel JW Marriott di Surabaya. Hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan prestasi kerja sebelum dan sesudah pelatihan. Peneliti merekomendasikan supaya mencari alternatif lainnya untuk peningkatan prestasi kerja karyawan selain metode pelatihan tersebut,misalnya coaching.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, prestasi kerja. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Feb 2015 03:34 |
Last Modified: | 13 Feb 2015 03:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22915 |
Actions (login required)
View Item |