Perbedaan Keputusan Konsumen Terhadap Perwujudan Motto Customer s First Ditinjau Dari Status Konsumen Di PT. Trakindo Utama Ujung Pandang

Argianti, Retno (1999) Perbedaan Keputusan Konsumen Terhadap Perwujudan Motto Customer s First Ditinjau Dari Status Konsumen Di PT. Trakindo Utama Ujung Pandang. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149023

Abstract

Menghadapi persaingan dan kompetisi yang semakin ketat di dunia usaha mendorong PT.Trakindo Utama untuk dapat menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Didorong oleb kebutuhan ini maka PT.Trakindo Utama menciptakan sebuah motto yang dapat menjadi dasar pelayanan terhadap konsumen. Motto ini yaitu "Customer's first" menjanjikan pelayanan, kemudahan dan fasilitas dari perusahaan yang ditujukan untuk konsumen agar terbentuk kepuasan konsumen yang maksimal dan mampu membina hubungan jangka panjang dengan konsumen. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinetja atau basil yang dirasakan dengan barapannya Jika barapan subyek dapat terpenuhi maka konsumen dapat merasa puas namun jika barapan yang ternetuk tidak sesuai dengan basil yang ingin didapat maka konsumen merasa tidak puas. Subyek penelitian ini adalah 15 konsumen lama dan 15 konsumen baru PT.Trakindo Utama Ujung Pandang.Penggolongan konsumen dipisahkan oleh unsur waktu. Konswnen lama adalah konsumen menikmati layanan "Customer'sjirst" dari PT.Trakindo Utama semenjak tahun 1993 hingga 1995 sedangkan konsumen baru adalah konsumen yang menikmati layanan "Customer's first" dari PT. Trakindo Utama semenjak tahun 1997-1999. Selain itu terdapat faktor lain yang memisahkan konsumen lama deogan konsumen baru adalah krisis moneter. Setelah adanya krisis moneter terdapat perubahan kebijakan-kebijakan tertentu karena disesuaikan dengau keadaan perekonomian di Indonesia Pada konsumen lama sudah menikmati "Customer's first" dari PT.Trakindo Utama sebelum dan sesudah krisis moneter namun pada konsumen bam hanya menikmati layanan "Customer's first" dari PT.Trakindo Utama sesudah krisis moneter. Data diperoleb dengan metode angket yang terdiri dari 2 bagian yaitu angket barapan konsumen dan angket kepuasan konsumen. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif untuk menggambarkan ciri-ciri konsumen dan distribusi nilai konsumen, sedangkan untuk mengetahui kebutuhan yang paling umum menggunakan anava. Dari basil perhitungan ini secara garis besar tidak ditemukan perbedaan kepuasan antara konsumen lama dengan konsumen baru namun terdapat perbedaan pada dinamika kepuasannya. Hasil kesimpulan yang dapat ditarik dari hal ini adalah bahwa terdapat perbedaan kabutuhan pada masing-masing konswnen dan belum optimalnya pelaksanaan motto "Customer's first" dari PT.Trakindo Utama yang menyebabkan kepuasan yang terbentuk belum maksimal.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Jan 2013 05:20
Last Modified: 29 Sep 2020 03:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item