Pengaruh Durasi Dan Posisi Penayangan Merek Produk Terhadap Kemampuan Mengingat Merek Produk Di Media Audio Visual

Arbi, Ayu Vanina (1999) Pengaruh Durasi Dan Posisi Penayangan Merek Produk Terhadap Kemampuan Mengingat Merek Produk Di Media Audio Visual. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149019

Abstract

Ingatan terhadap merek produk dipengaruhi oleh iklan. !klan dapat dimanipulasi dan direncanakan untuk meraih konsumen. Durasi dan posisi penayangan merek produk dapat mempengaruhi ingatan terhadap merek produk namun seberapa besar pengaruhnya sangat bergantung pada perbedaan individual," yaitu keterlibatan individu pada produk. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh durasi dan posisi penayangan merek produk di media audio visual dengan mempertimbangkan keterlibatan terhadap produk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pria ITS yang kost di kecamatan Mulyorejo diambil berdasarkan Quota Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan memberikan perlakuan berupa durasi dan posisi penayangan merek produk dari iklan audio visual. Iklan dibuat dalam bentuk Video Compact Disk yang dirancang khusus untuk durasi 10 detik dan 30 detik dengan memperhatikan posisi penayangan merek produk di awal dan di akhir. Rancangan yang dipakai adalah faktorial sehingga tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda dari kelompok yang lain. Data diperoleh dari angket keterlibatan terhadap produk yang diiklankan dan tes recall terhadap keenam tayangan iklan (sesuai kelompok treatment). Desain eksperimen yang dipakai adalah Two Factorial Design 2(10"~30")x2(Awal;Akhir) . Teknik analisis data kuantitatifadalah Simple Faktorial ANOVA. Hasil uji statistika menunjukkan ada pengaruh durasi dan posisi penayangan merek produk terhadap kemampuan mengingat merek poduk dengan mengendalikan keterlibatan terhadap produk yang diiklankan (F=13 , 816~ p<O,OlO). Ada perbedaan kemampuan mengingat merek poduk ditinjau dari durasi penayangan merek produk 10 detik dan 30 detik dengan mengendalikan keterlibatan terhadap produk yang diiklankan (F~39,879; p<O,OIO). Tidak ada perbedaan kemampuan mengingat merek poduk antara posisi penayangan merek produk di awal dan di akhir dengan mengendalikan keterlibatan terhadap produk yang diiklankan (F= 0,343~ p>0,050). Uji perbedaan pasangan menunjukkan ada perbedaan kemampuan mengingat merek produk antara durasi 10 detik (F=27,783; p<O,OlO) dan durasi 30 detik (F=14,850; p<O,OIO) ditinjau dari posisi penayangan merek produk. Pada posisi penayangan merek produk di awal, rerata kemampuan mengingat merek produk dengan durasi 10 detik=4,93 dan durasi 30 detik=9,67. Pada posisi penayangan merek produk di akhir, rerata kemampuan mengingat merek produk pada kelompok subjek dengan durasi 10 detik=5,35 dan durasi 30 detik=8,65. Hal ini membukti.kan bahwa durasi 30 detik memiliki pengaruh yang kuat dalam menghasilkan kemampuan mengingat merek produk, baik pada posisi penayangan merek produk di awal maupun di akhir.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Jan 2013 08:10
Last Modified: 29 Sep 2020 06:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item