Perbedaan Persepsi Pola Belanja Internet Berdasarkan Gender

Veronika, Indiyah W.H. (1999) Perbedaan Persepsi Pola Belanja Internet Berdasarkan Gender. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149043

Abstract

Berbelanja dengan cara atau gaya tradisional mempunyai beberapa kelemahan misalnya; membutuhkan waktu khusus, jarak atau lokasi yang jauh, kemacetan lalu lintas, kerumitan parkir dan antrian pembayaran yang panjang. Kelemahan-kelemahan ini memunculkan cara belanja "in home shopping", yang pada saat ini sudah mencapai kemajuan teknologi yaitu dengan melalui internet. Dengan cara ini diperoleh banyak keuntungan baik bagi pemakainya atau konsumen maupun bagi produsen atau praktisi pemasaran. Untuk itu ingin diteliti bagaimana persepsi subyek penelitian terhadap pola belanja internet tersebut. Penelitian dilakukan untuk melihat ada tidaknya perbedaan persepsi ditinjau dari gender, karena menurut penelitian terdahulu ternyata antara pria dan wanita tidak menunjukkan perbedaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu wanita dan pria yang berumur lebih dari 18 tahun dan pernah atau biasa menggunakan fasilitas internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara wanita dan pria memang tidak ada perbedaan persepsi (F=0,215;p=0,649). Untuk antar kelompok gender pada subyek pria tidak ada perbedaan persepsi yang berarti. Sementara itu gender feminin lebih baik persepsinya dibandingkan gender maskulin (t=1 ,568;p=0,118). Wanita feminin punya persepsi lebih baik dibandingkan wanita maskulin (t=l,505;p=0,134). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa gender lebih peka didalam membedakan persepsi terhadap pola belanja melalui internet dibandingkan ciri fisik yang berupa jenis kelamin. Klasifikasi produk yang setuju ingin dibeli subyek adalah bukubuku 90,14%, musik 77,46%, majalah 74%, dan produk luar negeri 66,2% dari total subyek 71 orang.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Jan 2013 08:14
Last Modified: 29 Sep 2020 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item