Hubungan Antara Persepsi Kualitas Produk Yang Mengalami Perpecahan Merek Dagang Dengan Loyalitas Konsumen

Budiono, Oktiani (1999) Hubungan Antara Persepsi Kualitas Produk Yang Mengalami Perpecahan Merek Dagang Dengan Loyalitas Konsumen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149085

Abstract

Bidang usaha baik yang dikelola dengan manajemen keluarga ataupun usaha yang berbasis pada bisnis waralaba, dapat mengalami perpecahan. Perpecahan ini akan merugikan pengusaha, karena akan banyak masalah di kemudian hari, seperti upaya penyelesaian secara hukum, penataan kembali usaha untuk memperbaiki image yang ada di maasyarakat, dan membangun loyalitas konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah persepsi kualitas. Texas Fried Chicken adalah salah satu gerai yang mengalami perpecahan merek dagang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara persepsi kualitas pada produk yang mengalami perpecahan merek dagang di gerai TFC dengan loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini, ada beberapa variabel yang ingin dilihat hubungannya dengan loyalitas konsumen, yaitu persepsi kualitas, lama mengenal produk, inisiatif pembelian, pengetahuan tentang adanya perpecahan merek dagang, adanya pengalaman mencoba gerai yang timbul dari perpecahan. Penelitian ini bersifat non-eksperimental, dengan metode pengumpulan data purposive proposional sampling pada mahasiswa Universitas Su.rabaya angkatan 1994-1998. Metode analisis data mengunakan korelasi parsial, dan sebagai analisis tambahan didapat dari analisis regresi dan analisis taktor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi kualitas pada produk yang mengalami perpecahan merek dagang dengan loyalitas konsumen, dengan mengendalikan inisiatif untuk makan di gerai TFC, lama mengenal gerai TFC, pengetahuan di gerai TFC, dan mencoba gerai TC (rs,.-1,z,3,4 =0.381 p<O.OI). Bobot sumbangan efektif persepsi kualitas terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 12.9%. Sebagai analisis tambahan, ada hubungan yang sangat sinifikan antara pengetahuan tentang adanya perpecahan merek di gerai TFC dengan loyalitas konsumen (rxy=0.668, p<O.Ol} dengan bobot sumbangan efektif 44,7%. Ada hubungan berbanding terbalik yang sangat signifikan antara lama mengenal gerai TFC dengan loyalitas konsumen (rxy=-0.510, p<O.Ol) dengan bobot sumbangan efektif 7.3%. Ada hubungan yang sangat signifikan antara inisiatif untuk makan di gerai TFC dengan loyalitas konsumen (rxy= 0.258, p<O.Ol) dengan bobot sumbangan efektif 1.9%. Tidak ada hubungan antara mencoba gerai TC dengan loyalitas konsumen (rxy=-0.467, p>0.05). Persepsi kualitas dipengaruhi oleh performance, feature, conformance with specification, reliability, durability, serviceability, fit and finish. Dalam penelitian ini didapatkan juga faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas di gerai ayam goreng, yaitu kebersihan, layanan, kualitas masakan, desain ruangan, diversifikasi masakan untuk kepentingan promosi, dan kemasan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Jan 2013 08:15
Last Modified: 02 Oct 2020 07:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item