SUSAN, PRISCILLA (1999) Hubungan antara Motif Rasional Emosional dengan Perilaku Membeli Makanan di Warung Tenda. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Fenomena baru yang hadir sebagai sebagai salah satu alternatif usaha dimasa krisis ialah banyaknya warung tenda yang bennunculan dibeberapa sudut kota. Warung tenda dengan segala keberadaannya telah menarik perhatian sebagian orang, terutama masyarakat muda golongan menengah ke atas, untuk: menjadi salah satu alternatif tempat makan. Masalahnya ialah apakah kehadiran mereka semata-mata karena motif rasional atau juga karena motif emosional. Dalam hal ini motif rasional menekankan pada pertimbangan yang bersifat obyektif, sedangkan motif emosional menekankan pada pertimbangan yang bersifat subyektif Kedua motif tersebut merupakan daya gerak, alasan dan kemauan yang tirnbul dari diri seseorang yang mempenga.ruhi perilaku membeli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motif rasional dan motif emosional dengan perilaku membeli makanan di warung tenda Retro Surabaya. V ariabel bebas dalam penelitian ini adalah motif rasionaJ dan motif emosional, sedangkan variabel tergantungnya adalah perilaku membeli. Subyek penelitian adalah pembeli makanan di warung tenda Retro dan berusia 18-40 tahun. Teknik pengambilan sampel digunakan Incidental Sampling. Teknik pcngumpulan data dengan metode angket dan teknik analisis data yang digunakan Korelasi Ganda melalui Analisis Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motif FaSional dan motif emosional dengan perilaku membeli makanan (Ry _ 1,2 = 0,325 dan p = 0,040), ada hubungan yang signifikan antara motif rasional dengan perilaku membeli makanan (r ly·2 = 0,322 dan p = 0,012) dan tidak ada hubungan antara motif emosional d~gan perilaku membeli makanan (r lr·l = 0,129 dan p = 0,669). Swnbangan efektif motif rasional dan motif emosional terhadap perilaku membeli makanan sebesar 9,943% dan 0,634%. Disarankan pada penelitian mendatang agar meneliti faktor-faktor lain yang
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 07 Jan 2013 08:48 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 02:41 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2301 |
Actions (login required)
View Item |