Hubungan Antara Citra Toko Dengan Kepuasan Konsumen Pada Pasar Swalayan Bromo Pasaraya Surabaya

Maria, Sylvia (1999) Hubungan Antara Citra Toko Dengan Kepuasan Konsumen Pada Pasar Swalayan Bromo Pasaraya Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149060

Abstract

Kehidupan kota yang semakin sibuk membuat setiap orang menginginkan segala sesuatu yang serba praktis, terrnasuk tempat belanja. Perubahan gaya hidup kebiasaan berbelanja, menyebabkan orang menginginkan tempat berbelanJa yang aman, lokas• mudah dicapai, ragam barang yang tinggi, nyaman dan sekaligus dapat sebagai tempat rekreasi. Kenyataan ini menyebabkan masyarakat kota cenderung untuk beralih dari pasar tradisional ke pasar swalayan. Adanya kondisi-kondisi diatas dan semakin banyak berdirinya kawasan perumahan-perumahan barn mendorong munculnya berbagai pasar swalayan (supermarket) dan toserba (department store) di kota-kota besar termasuk di Surabaya. Secara tidak langsung hal tersebut menimbulkan persaingan antar toserba atau tempat berbelanja untuk ·meraih hati konsumen. Mereka berusaha menemukan cara bagaimana membuat konsumen merasa puas berbelanja di tempat mereka. -Menciptakan citra atau image yang positif di mata konsumen terhadap tempat berbelanja yang mereka kunjungi merupakan hal yang penting bagi suatu ternpat berbelanja. karena terdapat penelitian bahwa kepuasan konsumen terliadap pengalaman berbelanja paling banyak dipengaruhi oleh pramuniaga toko, penawaran khusus dari toko, barang ataupun pelayanan dari toko tersebut, lingkungan toko, dan hubungan antara nilai dan harga yang diberikan oleh toko (Berman & Evans, 1986 : h.168). Pentingnya pengusaha eceran untuk membuat citra yang positif di mata konsumen terhadap tempat penjualan usaha eceran mereka agar konsumen puas dan mengunjungi kembali serta berbelanja di tempat mereka, membuat peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara citra toko dengan kepuasan konsumen pada pasar swalayan Bromo Pasaria di Surabaya. Partisipan penelitian ini adalah pria dan wanita yang pernah berbelanja di pasar swalayan Bromo Pasaria jalan Klampis Jaya no. 102-120 Surabaya. berusia minimal 18 tahun, berpendidikan minimal SMU. Tehnik sampling yang digunakan termasuk non random sampling, jenis random yang digunakan ada1ah incidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengungkap variabel penelitian adalah menggunakan angket (self report inventory) yang bersifat tertutup dan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik korelasi parsial dan tehnik analisis regresi. Hasil perhitungan dengan SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih 1998, menunjukkan adanya hubungan yang sangat meyakinkan antara citra toko dengan kepuasan konsumen pada pasar swalayan Bromo Pasaria (R = 0,572, F = 6,592, p < 0,01), dan hanya tiga atribut yang memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan konsumen pada pasar swalayan Bromo Pasaria yaitu atribut fisik (rxy sisa x =0,236; p = 0,019), atribut barang dagangan (rxy sisa x = 0,253; p = 0,012), dan atribut pelayanan pada masyarakat (rxy sisa x = 0,208; p = 0,039). Data dari angket yang disebarkan menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen pelajar dan berpendapatan di bawah lima ratus ribu rupiah per bulan cukup puas terhadap pasar swalayan Bromo Pasaria. Hat tersebut berarti konsumen yang sebagian besar adalah pelajar dan memiliki pendapatan di bawah lima ratus ribu rupiah puas karena pasar swalayan tersebut cukup dapat memberikan kenyamanan bagi mereka untuk sekedar berrekreasi atau berjalan-jalan sarnbil membeli barang yang dibutuhkan pada saat itu, dan puas karena pasar swalayan tersebut cukup memitiki perhatian terhadap lingkungan sekitamya. Sumbangan efektif citra toko terhadap kepuasan konsumen pada pasar swalayan Bromo Pasaria sebesar 32,691%, sehingga masih ada sebesar 67,3()90/o variabet lain yang belum tercakup dalam penelitian ini, yang dapat menerangkan kepuasan konsumen pada pasar swalayan Bromo Pasaria, seperti sistem pengiriman barang dari suplier ke pengecer, persaingan dengan usaha lain, kinerja karyawan, hubungan nilai-harga, dan lain-lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Jan 2013 02:09
Last Modified: 29 Sep 2020 02:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item