Perbedaan Efek Komunikasi Ditinjau Dari Beberapa Teknik Komunikasi Pemasaran

SOEDARMADJI, JEANNY (1999) Perbedaan Efek Komunikasi Ditinjau Dari Beberapa Teknik Komunikasi Pemasaran. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149055

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini berkaitan dengan adanya persaingan ketat antara pengusaha, terutama dengan dimulainnya era globalisasi. Hal ini menuntut para pengusaha untuk menggunakan teknik-teknik komunikasi pemasaran untuk meningkatkan pemasaran produknya. Disini muncul masalah baru, yaitu menentukan teknik konumikasi pemasaran yang tepat dalam mencapai sasaran yang dituju dan dengan biaya yang efektif. Sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut, yaitu dengan melibat perbedaan pengaruh yang ditimbulkan teknik komunikasi pemasaran terbadap efek komunikasi. Teknik komunikasi pcmasaran yang digunukakan dalam penelitian ini ialah iklan, promosi penjualan dan paduan iklan promosi penjualan. Teori-teori yang menjelaskan pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap komunikasi diambil dari Rossiter & Percy (1987), yang mengemukakan bahwa ada perbedaan efek komunikasi antara iklan dan promosi penjualan. Hipotesis penelitian ini ialah ada perbedaan pengaruh iklan, promosi penjualan, paduan iklan promosi penjualan terhadap kebutuban kategori, kesadaran akan merek, sikap terbadap merck dan intensi pembelian merck. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimental dengan menggunakan tiga bentuk komunikasi pemasaran da1am bentuk iklan parfun, promosi penjualan (ada sampel parfum scratch- and-sniff), dan paduan iklan dan promosi penjualan sebagai perlakuan yang diberikan pada sampel, selain itu digunakan metode angket untuk mengumpulkan data Subyek penelitian ini ialah mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. dengan asumsi bahwa perempuan lebih mengenal produk parfum. Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan menggamakan metode analisis varians-General Linear Model...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Jan 2013 02:09
Last Modified: 29 Sep 2020 04:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item