Perbedaan Efektifitas Antara Kiat Promosi Penjualan Diskon Dan Kupon Potongan Harga Ditinjau Dari Niat Membeli Jasa Salon Kecantikan

INDRAWATI, INDRAWATI (1999) Perbedaan Efektifitas Antara Kiat Promosi Penjualan Diskon Dan Kupon Potongan Harga Ditinjau Dari Niat Membeli Jasa Salon Kecantikan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148997

Abstract

Persaingan yang makin ketat memaksa pengusaha jasa salon kecantikan saling berebut konsumen. Untuk itu mereka menggunakan berbagai macam promosi. Promosi yang paling sering digunakan adalah diskon. Kupon yang meskipun hampir sama dengan diskon yaitu merupakan suatu potongan harga, sangat jarang digunakan. Padahal beberapa penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kupon lebih efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli sesuatu dan kupon juga sering digunak.an di luar negeri untuk sarana promosi. Untuk itu peneliti ingin meneliti ~rbedaan efektivitas kedua kiat promosi penjualan itu dengan membandingkannya melalui niat beli yang muncul. Sampel penelitian ini terutama adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota sampling. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10 juni 1999 dengan menggunakan angket. Analsis data yang digunakan adalah t-test. Dan hasil analisis data dengan menggunakan t-test, diperoleh harga to= 0,511 (p = 0,611; >0,05), ,yang berarti tidak diketemukan adanya perbedaan efektivitas antara kiat' promosi penjualan diskon dan kupon potongan harga ditinjau dari niat membeli jasa salon kecantikan. Hal ini dapat disebabkan karena konsep selebaran yang dlpakai dan besarnya potongan harga yang ditawarkan kurang menarik serta waktu pelaksanaan promosi yang kurang tepat karena bersamaan dengan pelaksanaan kampanye Pemilu, Pemilu dan perhitungan suara. Untuk peneJitian selanjutnya disarankan memakai selebaran diskon dan kupon yang Jebih menarik dengan potongan harga yang lebih besar dan penelitian fiendaknya juga dilakukan pada waktu yang tepat yaitu ketika kondisi niat beli masyarakat tidak merosot.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Jan 2013 02:12
Last Modified: 29 Sep 2020 05:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item