Hubungan Antara Iklim Organisasi Dengan Komitmen Organisasi

Alice, Alice (1999) Hubungan Antara Iklim Organisasi Dengan Komitmen Organisasi. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/149016

Abstract

Komitmen karyawan sangat diperlukan oleh perusahaan untuk meningkatkan efektivitas tujuan dan sasaran perusahaan. Tanpa dukungan komitmen karyawan, maka perusahaan tidak dapat efektif dalam mencapai sasaran. Untuk membangkitkan komitmen karyawan, dibutuhkan strategi yang kondusif dan efektif pula untuk menumbuhkan komitmen karyawan. Strategi tersebut salah satunya yaitu mengevaluasi iklim dari perusahaan dengan cara memberdayakan karyawan sebagai tenaga yang diajak untuk terlibat secara penuh dalam pekerjaannya. Banyaknya individu yang ingin bekerja dalam perusahaan, menyebabkan pihak perusahaan sulit untuk menemukan karyawan yang benar-benar berpotensi serta memiliki komitmen organisasional. Komitmen organisasional tersebut terkait dengan pengertian komitmen sendiri yang terdiri dari 3 aspek, yaitu: pertama, penerimaan dan keyakinan yang kuat terhadap sasaran dan nilai-nilai organisasi. Kedua, berusaha dan berperilaku secara sungguh-sungguh terhadap organisasi. Ketiga, keinginan yang kuat untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi (Porter, Mowday, dan Steers, dalam Miner, 1992:124). Pengertian tersebut menunjukkan bahwa komitmen organisasi seseorang terhadap perusahaannya harus benar-benar muncul dari rasa kedekatan seseorang terhadap perusahaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara iklim organisasi dengan komitmen organisasional adalah sangat signifikan, dengan R = 0.514; F = 14.022; dan p = 0.001 (p < 0.01). Distribusi frekuensi silang dari iklim organisasi dengan komitmen organisasional memiliki hubungan yang tinier, yang artinya hila iklimnya baik, maka komitmen karyawannya tinggi. Proses yang terjadi pada saat karyawan masuk ke dalam suatu perusahaan, karyawan akan menerima informasi mengenai kondisi perusahaan secara kognitif. Pada saat karyawan terlibat dalam pekerjaannya, kemudian situasi kerjanya menyebabkan karyawan senang (afektif) dengan organisasinya, maka pada tahap konatif (perilaku), karyawan tersebut akan memutuskan apakah ia akan berkomitmen atau tidak. Hasil yang diperoleh dari pengujian setiap dimensi dalam iklim menunjukkan bahwa dimensi yang signifikan adalah: pelatihan manajemen, kualitas produk dan jasa, dan kebijakan organisasi. Sumbangan efektif iklim organisasi terhadap komitmen organisasional adalah 70.736%. Hal ini menunjukkan bahwa sebenamya iklim organisasi memiliki sumbangan yang besar terhadap komitmen, tetapi perlu juga dilihat dimensi mana dalam iklim organisasi yang lebih berperan di suatu perusahaan. Dimensi yang berperan tersebut akan menjadi faktor penentu utama tingginya komitmen karyawan di perusahaan tersebut. Saran bagi perusahaan dalam penelitian ini (PT. Ria Star Indonesia), yaitu agar terus meningkatkan kualitas ketiga dimensi yang paling utama berperan dalam meningkatkan komitmen organisasional karyawannya. Saran lain yang berkaitan dengan hasil wawancara dengan beberapa karyawannya, yaitu supaya PT. Ria Star Indonesia mulai menyusun program jenjang karir bagi karyawan yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut ;' supaya karyawan dapat semakin berkomitmen atas terpenuhinya harapannya di perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Jan 2013 02:12
Last Modified: 02 Oct 2020 08:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item View Item