Analisis Perlakuan Akuntasi untuk Transaksi Kredit di Bank Perkreditan Rakyat X di Bali dalam Rangka Menilai Kesesuaian dengan Aturan Pedoman Akuntasi Perbankan Indonesia (PAPI)

Irawan, Patricia Faustina (2007) Analisis Perlakuan Akuntasi untuk Transaksi Kredit di Bank Perkreditan Rakyat X di Bali dalam Rangka Menilai Kesesuaian dengan Aturan Pedoman Akuntasi Perbankan Indonesia (PAPI). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2097_Abstrak.pdf

Download (43Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152726

Abstract

Bank adalah lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan (financial intermediary) antara pihak yang memiliki dana dan pihak yang membutuhkan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran. Karena itulah, perusahaan perbankan merupakan salah satu perusahaan yang sangat diperhatikan oleh masyarakat karena kelangsungan hidup perbankan tergantung pada kepercayaan dari stakeholder. Pertimbangan itulah yang mendasari diperlukannya suatu standar yang mengatur industri perbankan. Dalam kebijakan akuntansi yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, setiap bank umum yang beroperasi di Indonesia harus menetapkan kebijakan akuntansinya disusun berdasarkan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang merupakan himpunan prinsip, prosedur, metode, dan teknik akuntansi yang mengatur laporan keuangan. Dalam hal ini Bank Perkreditan Rakyat ‘X’ juga harus mematuhi kebijakan akuntansi dari Bank Indonesia. Kegiatan yang memberikan kontribusi pendapatan terbesar di Bank Perkreditan Rakyat ‘X’ adalah bidang perkreditan. Selain memberikan kontribusi pendapatan terbesar, kegiatan perkreditan ini sangat erat dengan risiko yang besar karena terkait dengan kredit bermasalah atau kredit macet. Karena itulah, kegiatan ini harus didukung dengan akuntansi yang baik sehingga dapat memberikan informasi keuangan yang dapat menggambarkan kondisi perusahaan. Setelah melakukan penelitian dapat diambil kesimpulan sebagian besar transaksi kredit telah sesuai dengan PAPI maupun PSAK. Tetapi masih terdapat beberapa perbedaan perlakuan akuntansi (pengakuan dan pengukuran, penyajian dan pengungkapan) yang ditemukan yang pada akhirnya akan mempengaruhi laporan keuangan. Perbedaan yang terjadi dalam Bank Perkreditan Rakyat ‘X’ harus diminimalkan agar laporan keuangan yang dibuat tidak terjadi salah saji sehingga laporan keuangan memenuhi standar dan dapat memberikan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh para pembaca laporan keuangan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Feb 2015 04:52
Last Modified: 18 Feb 2015 04:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

View Item View Item