Studi Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility (CBR) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2007

Oktaviani, Lanny (2009) Studi Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility (CBR) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2007. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2521_Abstrak.pdf

Download (103Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131725

Abstract

Saat ini bisnis dan pasar modal di Indonesia menunjukkan perkembangan yang semakin positif dari waktu ke waktu. Perhatian para pelaku pasar juga semakin berkembang. Keuntungan finansial tetap menjadi tujuan utama dalam berbisnis maupun dalam penanaman modal. Namun, kini pasar juga semakin kritis terhadap hal-hal yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan, seperti tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility-CSR) yang dilakukan oleh perusahaan. Laporan tahunan sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dengan para pelaku pasar (investor) diharapkan dapat memberikan disclosure yang cukup dan memadai, baik mandatory disclosure maupun voluntary disclosure. CSR sebagai voluntary disclosure merupakan salah satu faktor yang mulai dipertimbangkan investor dalam menentukan keputusan investasinya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengungkapan informasi CSR dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh terhadap informativeness of earnings (diukur dengan Earnings Response Coefficient-ERC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengungkapan informasi CSR tersebut mempengaruhi keputusan investasi yang akan diambil oleh investor (dilihat dari pengaruh CSR terhadap ERC). Penelitian dilakukan terhadap seluruh perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 yang mempublikasikan laporan tahunannya. Hasil penelitian menunjukkan pengungkapan informasi CSR dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh negatif terhadap ERC. Ini mengindikasikan bahwa investor mempertimbangkan pengungkapan informasi CSR yang dilakukan perusahaan untuk pengambilan keputusan investasi mereka.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Informasi, Corporate Social Responsibility, Earnings Response Coefficient
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Feb 2015 07:16
Last Modified: 18 Feb 2015 07:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23208

Actions (login required)

View Item View Item