Studi Penerapan Customer Profitability Analysis Guna Meningkatkan Kualitas Customer Relationship Management pada PT. X di Surabaya

Kristanto, Erastus (2009) Studi Penerapan Customer Profitability Analysis Guna Meningkatkan Kualitas Customer Relationship Management pada PT. X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2562_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2562_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131032

Abstract

Perkembangan industri dari agrarian sampai pada tahap post-industrial service membawa dampak besar bagi cara perusahaan dalam menjalankan usahanya. Jika dahulu perusahaan hanya perlu menyediakan produk bermutu sambil mewaspadai perusahaan pesaing, saat ini perusahaan mutlak harus memperhatikan pelanggannya, jika dahulu pelanggan terkesan pasif menerima produk yang dilempar ke pasaran, saat ini pelanggan dapat memberikan pengaruh besar terhadap spesifikasi produk yang diterima pasar, bahkan saat ini pelanggan dapat menentukan bagaimana cara transaksi harus dilakukan. Jelas terlihat bahwa saat ini kekuasaan industri terletak pada tangan para pelanggan, hal ini menyebabkan berkembangnya paradigma baru dalam kalangan para pelaku bisnis untuk lebih mengutamakan pelanggan atau lebih dikenal dengan nama customer centric paradigm. Salah satu metode manajemen yang muncul akibat berkembangnya paradigma ini adalah Customer Relationship Management yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggannya guna menciptakan hubungan kerja yang berkesinambungan, transaksi berulang, dan kenaikan tingkat profitabilitas perusahaan. Namun meskipun doktrin yang didengungkan oleh CRM, Customer loyalty, dan metode lain hasil dari customer centric paradigm, begitu menggiurkan dan menjanjikan, kenyataanya banyak perusahaan yang berusaha menerapkan metode manajemen ini tidak juga mencapai hasil yang diharapakan. Salah satu alasan kegagalan CRM mencapai hasil memuaskan karena tidak ditunjang oleh data finansial yang akurat dan metode analisis yang memadai. Untuk membantu mengatasi masalah ini penerapan ABC, sebagai metode costing dengan tingkat keakuratan tinggi, dan CPA, sebagai metode analisis berbasis aktivitas, perlu diterapkan guna menunjang, mempertajam, dan meningkatkan kualitas penerapan CRM pada suatu institusi. Dengan diterapkannya metode ABC dan CPA perusahaan memperoleh data finansial yang akurat dan reliable, serta kemampuan memetakan pelanggan berdasarkan tingkat profitabilitas, mengenali karakteristik pelanggan, dan potensi pelanggan, sehingga perusahaan dapat dengan tepat menyusun kebijakan yang akan memberikan dampak paling signifikan bagi tingkat profitabilitas perusahaan, serta memperoleh keunggulan bersaing dalam dunia industri modern. Oleh karena itu sangatlah penting bagi perusahaan manapun untuk memperlengkapi dirinya metode-metode yang dapat dengan signifikan memperbaiki tingkat keakuratan data perusahaan guna menunjang penyusunan strategi dan kebijakan perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Customer Profitability Analysis, Customer Relationship Management
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 18 Feb 2015 09:17
Last Modified: 18 Feb 2015 09:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item