Sari, Vera Nila (2008) Peranan Target Costing dalam Menciptakan Harga Jual yang Kompetitif pada Perusahaan Karoseri PT X di Bogor. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_2249_Abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Kondisi persaingan yang semakin kompetitif saat ini memaksa perusahaan untuk selalu mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi di pasar agar dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Selain itu perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen karena konsumen sekarang ini semakin pandai dan semakin selektif dalam memilih produk yang mereka butuhkan. Selain menghasilkan produk yang sesuai keinginan dan kebutuhan komsumen, perusahaan juga dituntut untuk menentukan harga yang paling baik yang mampu mencapai target laba yang diinginkan perusahaan tetapi harga tersebut juga dapat dijangkau oleh konsumen, jika harga produk yang kita tawarkan dinaikkan maka konsumen akan segera mengalihkan pilihannya ke produk pesaing yang lebih murah. Penelitian ini dilakukan pada PT.”X” yang berlokasi di Bogor dan bergerak dalam bidang konstruksi karoseri alat angkut niaga. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perusahaan saat ini mengalami penurunan permintaan dari konsumen akan produknya, sehingga penjualan di PT.”X” juga mengalami penurunan, hal ini diakibatkan karena perusahaan tidak mengikuti perubahan atas keinginan dan kebutuhan konsumen akan produknya, oleh karena itu PT.”X” saat ini ingin membuat produk yang sesuai dengan permintaan konsumen dengan harga yang mampu bersaing dengan perusahaan karoseri lainnya dimana target laba yang ditetapkan perusahaan juga dapat tercapai. Karena itulah perusahaan diharuskan untuk melakukan cost reduction yang dapat dicapai dengan menerapakan metode target costing agar perusahaan dapat mencapai target cost dan perusahaan dapat mencapai harga jual yang kompetitif sehingga target profit yang telah ditentukan juga dapat dipenuhi. Penerapan target costing yang dilakukan oleh PT.”X” dengan melakukan tahap tear down analysis, value engineering, reengineering mampu mencapai target cost yang telah ditetapkan perusahaan untuk menciptakan harga jual yang kompetitif dan harga tersebut mampu bersaing di pasaran tanpa mengubah fungsi dan kualitas dari produk wing box.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Target costing, harga jual, kompetitif, tear down analysis, value engineering, reengineering, cost reduction |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 08:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2015 08:28 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23284 |
Actions (login required)
View Item |