Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Tablet PC Berbasis Web Menggunakan Metode Multi Atribute Global Inference of Quality (MAGIC)

LUKITO, ADITYA (2014) Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Tablet PC Berbasis Web Menggunakan Metode Multi Atribute Global Inference of Quality (MAGIC). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_1720_Abstrak.pdf

Download (46Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237534

Abstract

Tablet PC adalah komputer bergerak yang seluruhnya berupa layar sentuh datar (Wikipedia Indonesia, 2014). Tablet PC merupakan salah satu barang yang dibutuhkan di era globalisasi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari VNI Forercast, Cisco yang menyatakan bahwa penggunaan internet melalui perangkat bergerak atau mobile akan tumbuh sebesar 31% (Aditya, 2013). Pengguna Tablet PC yang sebelumnya terbiasa membawa kumpulan dokumen atau bahan-bahan pelajaran di dalam tas, sekarang hal itu dapat dilakukan Tablet PC dengan menyimpannya dalam format digital. Namun masih banyak orang awam yang bingung saat akan membeli Tablet PC terutama orang yang kurang tahu akan Tablet PC. Kebingungan itu disebabkan karena banyaknya fitur menarik yang ditawarkan oleh Perusahan Tablet PC. Salah satu bantuan untuk mengatasi kebingungan tersebut adalah adanya sistem pendukung keputusan berbasis web. Sebelum program SPK dibuat, dilakukan analisis permasalahan mengenai kebutuhan dan kriteria user. Analisis dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sepuluh orang responden. Dari hasil analisa kuesioner didapatkan bahwa user menggunakan Tablet PC untuk kebutuhan game, multimedia, internet, dan bisnis. Aplikasi sistem pendukung keputusan yang dibuat akan menyediakan pilihan kebutuhan untuk membantu user ketika melakukan pencarian tablet, terutama bagi user yang kurang tahu akan Tablet PC. Bedasarkan analisa hasil kuesioner, aplikasi sistem pendukung keputusan menyediakan lima pilihan kebutuhan, yaitu game , multimedia, internet, bisnis, dan custom bagi user yang mengerti akan Tablet PC. Metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan adalah Multi- Attribute Global Inference Of Quality (MAGIQ). MAGIQ dipilih karena mudah dimengerti dan diimplementasikan. Implementasi dilakukan dengan menggunakan framework PHP, Codeigniter, Jquery, dan Javascript. Aplikasi sistem pendukung keputusan yang telah selesai dibuat akan diverifikasi untuk memastikan bahwa semua fitur yang dibuat telah berjalan sesuai yang diinginkan. Verifikasi dilakukan dengan cara mencoba semua fitur yang ada dan membandingkan hasil perhitungan metode magiq secara manual dengan hasil perhitungan dari program. Setelah verifikasi selesai dilakukan, dilanjutkan dengan validasi. Validasi dilakukan untuk memastikan bahwa sistem yang dibuat telah membantu user dalam mengatasi permasalahannya. Validasi dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada lima user yang ingin membeli tablet dan telah mencoba menjalankan aplikasi sistem pendukung keputusan sebelumnya. Hasil validasi menyatakan bahwa aplikasi sistem pendukung keputusan membantu memberikan alternatif yang sesuai harapan user, baik user itu mengerti Tablet PC atau kurang mengerti.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: decision support sytems, tablet pc, MAGIC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 26 Feb 2015 07:42
Last Modified: 26 Feb 2015 07:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23415

Actions (login required)

View Item View Item