Penerapan Quality Chain untuk Memperbaiki Kualitas Produk pada Perusahaan Roti Bobo di Mojoagung

Kristianto, Arif (2003) Penerapan Quality Chain untuk Memperbaiki Kualitas Produk pada Perusahaan Roti Bobo di Mojoagung. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2032_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2032_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135808

Abstract

Perusahaan roti Bobo merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis roti yang dapat dikonsumsi secara langsung oleh konsumen. Jenis-jenis yang diproduksi meliputi donat, roti tawar, cakedan roti manis dengan berbagai macam pilihan rasa seperti nanas, daging, kelapa, kacang dan lain-lain. Perusahaan ini menjual secara langsung produk yang dihasilkan di toko yang berada satu lokasi dengan pabrik. Dari hasil analisis produksi ditemukan persentase produk cacat sebesar 14,42%, hal ini dikarenakan perusahaan belum mengetahui cara perbaikan kualitas yang baik sehingga faktor-faktor penyebab produk cacat tidak dapat diidentifikasikan secara tepat. Disamping memperbaiki cacat-cacat fisik produk,juga diperhatikan faktor keamanan makanan dengan metode HACCP, yaitu dengan identifikasi bahaya dan penetapan resiko, penetapan tahap-tahap kritis dalam pembuatan roti beserta pengendaliannya. Dari analisis awal dapat diketahui jenis-jenis cacat yang dominan dalam proses produksi, yaitu cacat keras, cacat gosong dan cacat bentuk jelek. Langkah selanjutnya adalah penelusuran penyebab cacat-cacat tersebut pada tiap mata rantai dalam aliran proses produksi. Kemudian dirancang usulan perbaikan pada mata rantai yang bemasalah yakni penyimpanan bahan baku, penimbangan bahan baku, pengembangan adonan, penggorengan donat dan pengovenan roti. Hasil rancangan perbaikan berupa pembuatan prosedur penerimaan bahan baku, dengan metode FIFO pada pemakaian bahan baku, pemasangan thermometer pada gudang bahan baku, penambahan exhaust fan pada ruang produksi, membuat tabel konversi bahan baku, menetapkan standar waktu pengembangan, memasang timer pada proses pengembangan dan pengovenan. Hasil rancangan perbaikan dapat diimplementasikan secara baik oleh perusahaan. lmplementasi dilakukan pada tanggal 25 Mei 2003-8 Juni 2003, dan hasilnya ternyata dapat menurunkan persentase cacat yang terjadi, yaitu persentase cacat keras donat sebesar 6.17 %, cacat keras tawar jumbo 11,68 %,cacat keras tawar kasino 9.52 %, cacat bentuk jelek donat sebesar 3,68 %, cacat bentuk jelek tawar jumbo sebesar 1,63 %, cacat bentuk jelek tawar kasino 2,32 %,cacat gosong donat 0,31%, cacat gosong tawar jumbo 3,69 %, cacat gosong tawar kasino 6,9%.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 06:14
Last Modified: 09 Mar 2015 06:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23549

Actions (login required)

View Item View Item