Pembuatan Media Interaktif Tes Buta Warna Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar

TUTUKO, WIDAYAT HARYO (2014) Pembuatan Media Interaktif Tes Buta Warna Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_125_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_125_Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237644

Abstract

Warna merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia terutama pada anak-anak. Akan tetapi kemampuan seseorang dalam membedakan warna seringkali diabaikan dan berpengaruh pada cita-cita yang ingin dicapai. Hasil survei yang dilakukan pada siswa kelas I SD, bahwa siswa tidak pernah diajarkan untuk membedakan warna. Guru hanya fokus mengenalkan warna kepada siswa, dan kurang mengetahui kemampuan siswanya dalam membedakan warna. Tes buta warna biasanya dilaksanakan pada saat tes kesehatan pada saat akan memasuki Perguruan Tinggi maupun akademi militer. Dipilihnya jenjang sekolah dasar sebagai subjek dalam penyusunan tugas akhir ini dikarenakan siswa kelas I masih berada pada usia 6-7 tahun, dimana siswa cenderung menyukai aneka macam warna. Oleh karena itu diperlukan aplikasi “DUNIA WARNA” menggunakan software adobe flash dan hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat laptop/PC. Pada aplikasi ini siswa dapat mengetahui kemampuannya dalam membedakan warna. Sedangkan guru dapat mengetahui kemampuan siswanya dalam membedakan warna serta dapat mengarahkan siswanya yang mengalami buta warna agar berhasil dalam kehidupannya kelak. Aplikasi ini memiliki fitur dapat memilih karakter anak laki-laki atau perempuan, menginputkan nama, adanya sistem login bagi pembimbing / guru serta hasil tes yang mengindikasikan bahwa user buta warna atau normal. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Adobe Photoshop CS3 dan Illustrator CS3. Dalam pembuatan media interaktif dari aplikasi ini digunakan progam Adobe Flash CS6, sedangkan untuk backsound dan sound effect mengambil mp3. Aplikasi ini telah melalui proses ujicoba dan evaluasi dengan mengujicobakan aplikasi tersebut kepada user. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengetahui kemampuan seorang siswa dalam membedakan warna untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: interaktif, warna, sekolah dasar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2015 09:23
Last Modified: 11 Mar 2015 09:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item